Senin, Agustus 19, 2019

Empat Warga Muarabaru Terpapar Kanker Rahim dan Kanker Payudara

 

Pelitakarawang.com - Desa Muarabaru Kecamatan Cilamaya Wetan, jadi sasaran program Inovatif Saatnya Skrining IVA dengan Cara Infeksi Organ Wanita (Saking Cinta) Puskesmas Sukatani tahun ini. Menyusul, di desa ujung pesisir Karawang ini, sudah terdeteksi 4 warganya terpapar kanker payudara dan kanker rahim, bahkan satu diantaranya dinyatakan meninggal dunia. 


Kepala Puskesmas Sukatani, H Bayo Sukarya mengatakan, program saking cinta di Muarabaru ini, bertujuan, untuk deteksi dini kanker leher rahim dan payudara. Pelaksanaan program inovatif  ini digarap bidang kesehatan keluarga (Kesga) yang di canangkan Dinkes Karawang. Jumat kemarin, 16/8, pihaknya melakukan kegiatan di Desa Muara Baru, karena di desa ini ada 4 orang yang sudah terdeteksi kanker. Karenanya, semoga lewat program ini, outputnya diharapkan, peroleh data IVA dan warganya bisa Periksa Dada Sendiri (Sadari) dari usia subur 20 - 25 tahun. "Kita gelar program di desa ini, karena memang ada 4 yang terpapar kanker, satu diantaranya meninggal dunia, " katanya. 

Mantan Kepala Puskesmas Kalangsari Kecamatan Rengasdengklok ini menambahkan, tujuan lainnya atas program ini, adalah adanya maping jadwal MlVA di setiap dusun, untuk pelaksanaan, saking cinta. "Puskesmas Sukatani, siapkan sarana untuk pengobatan dini dari Kanker serviks melalui cara Crayo, " katanya. 

Alhamdulilah sambung Bayo, dalam kegiatan ini, anggota  Koramil, Bhabinkamtibmas dan kepala desa ikut berbaur mendukung program saking cinta dengan peserta 40 orang kader IVA Posyandu ini. " Ya memang harus di dukung semua pihak, sebagai wujud pencegahan, " pungkasnya. (Rdi)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top