Rabu, Agustus 14, 2019

Gaji Pensiun Meninggal Hanya 36 Persen

 

PELITAKARAWANG.COM - Berbeda dengan pensiun normal yang menerima 75 persen dari gaji pokok setiap bulannya, PNS yang meninggal dunia atau pensiun meninggal, ahli warisnya hanya akan menerima 36 persennya saja dari gaji pokok. Selain, jauh panggang dari pada api, sejumlah pensiunan berharap pemerintah bersedia kedepan menaikan besaran gaji pensiunan meninggal dunia lebih besar. 

Pensiunan Fungsional pendidikan, H Iskandar S.pd mengatakan, dirinya sudah pensiun setahun silam, tapi gaji pokoknya masih terus diterima setiap bulan dengan hanya 75 persennya saja. Baginya, itu masih mending, ketimbang pensiunan PNS yang meninggal dunia seperti istrinya. Golongan sudah 4B dengan besaran gaji pokok sekitar Rp4 jutaan, pemerintah menetapkan besaran gaji yang diterima bagi ahli warisnya, hanya 36 persen saja, atau Rp1,7 jutaan. Bayangkan saja, kalau PNS yang meninggal itu, misalnya di golongan 2 atau 3, berapa persentase 36 persen tersebut. "Kalau meninggal dunia, pensiunannya cuma 36 persen dari gaji pokok, kecil, " katanya. 

Iskandar menambahkan, meskipun gaji pokok tinggal 36 persen, tapi diakuinya, asuransi dan tunjangan kematian, diberikan kepada ahli waris. Dirinya, hanya berharap, ada toleransi pemerintah merevisi ulang aturan itu, karena bagaimanapun pensiunan apalagi yang meninggal dengan status golongan tinggi, jadi rendah yang diterimanya, rasanya kurang optimal. "Kalau tunjangan kematian dan asuransi sih memang diberikan dan prosesnya baik, " katanya. (Rdi)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top