Selasa, Agustus 13, 2019

Gizi, P2TB dan Kesling Jadi Bahasan Lokmin Puskesmas Telagasari

 

PELITAKARAWANG.COM - Pelaksanaan Lokakarya Mini (Lokmin) Tribulanan Puskesmas Telagasari, kembali di gelar, Selasa (13/8). Kegiatan yang dihadiri para Kades dan unsur Muspika kecamatan itu, dalam rangka mengkaji hasil kegiatan kerjasama dan peran lintas sektor, sekaligus menindaklanjuti temuan masalah guna mendapat dukungan lintas sektor dalam pelaksanaan kegiatan puskesmas.

Kepala Puskesmas Telagasari, H Asep Saepul Bahri S.Km MM mengatakan, pelaksanaan kegiatan Lokmin di aula kantor Camat ini, membahas program-program gizi, P2TB, Kesehatan Lingkungan (Kesling) yang di sampaikan langsung programernya. Pertama, dalam meningkatkan kualitas pelayanan gizi dengan standarisasi penilaian pertumbuhan anak, harus dilakukan melalui kegiatan pemantauan tumbuh kembang anak yang dilaksanakan di 72 posyandu, dari hasil kegiatan itu, didapatkan angka capaian D/S dari 14 desa, ada 2 desa yang capaian masih dibawah target 80%, sedangkan untuk capaian N/S dan N/D baru 2 desa yang bisa mencapai target, hal ini sebut Asep, dibutuhkan upaya, inovasi dan dukungan khususnya dijajaran kepala desa dan kader serta petugas puskesmas / bidan desa. 

"Kita bahas temuan lapangan, salah satunya soal Gizi, " katanya. 

Asep menambahkan, Hal lain yang disampaikan terkait program Gizi yaitu masih adanya penderita Gizi buruk sebanyak 3 orang di wilayah Kecamatan Telagasari, kondisi ini harus menjadi perhatian bersama, karena dari gizi buruk ini bila tidak segera diatasi selanjutnya anak tersebut akan masuk pada kategori stunting, yaitu terjadi perlambatan dalam proses tumbuh kembangnya. " Saya mengajak semua unsur terkait, baik dari lintas sektor maupun masyarakat untuk mendukung terus program-program upaya kesehatan agar semua masyarakat di Kecamatan Telagasari bisa hidup sehat dan angka Kesakitan semakin menurun."pungkasnya. (Rdi)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top