Jumat, Agustus 02, 2019

Lambat, Dinas Pertanian Belum Periksa Kesehatan Hewan Qurban

 

PELITAKARAWANG.COM - Pedagan lapak-lapak hewan kurban mungkin tinggal menunggu hari H Idul Adha dan Tasyrik 8 hari mendatang. Namun, di sisa waktu itu justru pemeriksaan kesehatan hewan dan distribusi label sehat pada hewan kurban dari Dinas Pertanian, masih belum nampak. Tak jarang, hewan jenis Domba dan sapi yang di jajakan pedagang, belum di kalungi label sehat sebagai tanda hasil pemeriksaan Dinas.  

Pedagang lapak hewan kurban "Haikal Cilamaya", Yayan S Mulyana mengatakan, biasanya ketika lapak sudah ada isinya, atau sudah di penuhi hewan kurban, pihak Dinas Pertamina melalui penyuluhnya datang memeriksa kesehatan hewan kurban. Bahkan, sebagai tanda hewan kurban sehat, dinas juga melabeli keterangan sehat di hewan-hewan yang diperiksanya sesuai standar dinas. Namun, sampai H-8 ini, belum ada petugas PPL yang datang ke lapaknya yang menjajakan puluhan domba dan sapi di Cilamaya ini. "Belum ada yang datang tuh dari Dinas, lagian katanya PPL dari Cilamaya pindah tugas, jadi sampai sekarang belum ada yang periksa, " katanya. 

drh Sugiharto Kesmavet Dinas Pertanian mengatakan, label sehat biasanya di siapkan untuk 10 ribu ekor se Karawang kisarannya. Namun sampai sejauh ini, diakui Sugih, baru proses pembagian ke penyuluh desa. Mungkin, Minggu depan team dinas, akan mulai keliling lapak penjual kurban. "Baru distribusi ke penyuluh desa, mungkin Minggu depan mulai kelilingnya, " pungkasnya. (Rdi)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top