Jumat, Agustus 16, 2019

Pemilihan "Kuwu- Kuwuan" Cikalong Pintu Meriahkan HUT RI

 

PELITAKARAWANG.COM - Warga Cilamaya memang unik dan nyeleneh. Demi memeriahkan HUT RI ke 74, masyarakat dan tokoh pemuda Dusun Krajan II RT 17/09 Desa Cikalong, menghelat pemilihan Kuwu. Tapi, Kuwu yang di maksud adalah Kuwu bohongan alias Kuwu-Kuwuan. Hanya saja, meskipun kegiatan kuwu bohongan, tapi proses pemilihannya persis sama dengan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) pada umumnya karena di ikuti 220 hak pilih dari 2 RT. Bahkan, dua kandidat yang merupakan "Emak-emak" rumah tangga itu, di arak dengan aksesoris lazimnya kampanye sebelum naik podium pemilihan. 

"Ini sudah kali kedua digelar masyarakat, pemilihannya ya sama seperti Pilkades karena punya hak pilih DPT sebanyak 220 orang. Calonnya juga di dorong masyarakat untuk maju, jadi kalah menang tertawa saja, karena memang Kuwu bohongan dan hiburan rakyat jelang HUT RI, " Kata pegawai desa Cikalong, Casam kepada pelitakarawang.com, Jumat (16/8).

Kades Cikalong, H Lili Hermanto mengatakan, kegiatan pemilihan Kuwu - Kuwuan datang atas inisiatif masyarakat Krajan II sendiri. Ini memang hiburan rakyat, kalah menang tanpa hadiah tidak menjadi soal, karena yang terpenting hiburannya. Dua kandidat atas nama, Hj Eni Suhaeni nomor urut 1 dan RA Kartinah bersaing merebut hati pemilih dengan jumlah 220 orang dari RT 17 dan 18. Hasilnya, dari 137 yang hadir, Nomor urut 1 meraih 86 suara dan nomor urut 2 raih 51 suara. "Kegiatan ini memang bohongan, tapi dikemas seperti betulan, dimana pegawai desa jadi panitianya, " katanya. 

Lili menambahkan, selain kegiatan pemilihan kuwu-kuwuan ini yang secara tidak langsung memberi edukasi demokrasi dan hiburan ditengah masyarakat. Pihak desa juga sudah menganggarkan Rp8 juta untuk ragam jenis kegiatan agustusan besok dan lusa, seperti mancing berjamaah, karnaval 12 RW yang rute finishnya dikantor desa, hingga "gogo" iwak di lumpuran sawah. Masyarakat, sebut Lili, akan menerima beragam doorprise yang di sediakan pihak desa, di samping penilaian kreatifitas dan aksi nyeleneh setiap dusun yang akan ikut karnaval, baik yang memboyong odong-odong, marawis, lomba tumpeng, hingga seni budaya lainnya. "Kita sudah siapkan doorprise, ragam kegiatan siap di helat maksimal di Cikalong ini, " pungkasnya. (Rdi)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top