PELITAKARAWANG.COM - Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana mengatakan, jadwal rekrutmen PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) kemungkinan tidak digelar tahun ini. Ada beberapa alasan utama hingga kebijakan tersebut harus diundur.
Pertama, Perpres tentang jabatan PPPK belum ada. Kedua, masih banyak daerah yang tidak mengusulkan formasi PPPK.
Padahal, dari surat edaran Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) dengan tegas mengatur formasi CPNS 30 persen, PPPK 70 persen.
“Ada banyak hal yang harus diselesaikan sebelum rekrutmen PPPK tahap II dilaksanakan. Perpres tentang Jabatan PPPK belum ada, selain itu daerah masih bingung menentukan kebutuhan aparatur sipil negara (ASN),” terang Bima di Jakarta, Rabu (21/8).
Daerah, lanjutnya, kesulitan mengalisis kebutuhan antara CPNS dan PPPK. Akibatnya banyak pemda yang fokus mengusulkan CPNS ketimbang PPPK.
Ada juga pemda yang mengusulkan PPPK tapi anggarannya. Misalnya, kata Bima, yang diusulkan 50.orang PPPK tapi setelah dihitung anggarannya malah tidak cukup. Daerahnya hanya bisa menggaji 25 orang.
“Yang masalah teknis ini yang sedang kami selesaikan bersama KemenPAN-RB,” ucapnya.
Berbeda dengan CPNS yang relatif lebih clear. Sebab, pemda sudah terbiasa dengan rutinitas tahunan tersebut.
Sampai saat ini, menurut Bima, seluruh instansi pusat dan daerah sudah mengajukan, sudah dianalisis juga kebutuhannya. Tinggal menunggu gong dari menpan-rb.
Bima mengatakan, belum tentu setelah pelantikan presiden dan wapres langsung dibuka pendaftarannya. Masih butuh waktu beberapa minggu menunggu kebijakan Menpan-Rb baru.
“Kami menunggu arahan Menpan-rb baru. Saat ini prosesnya masih berjalan dan tinggal tunggu gong menpan-rb. Namun, insyaallah rekrutmen CPNS tetap digelar tahun ini,” tandasnya. (jpnn)