Warga Tegalsari Berburu Administrasi Kependudukan

PELITAKARAWANG.C0M - Warga Desa Tegalsari Kecamatan Cilamaya Wetan, giliran mendapat jatah pelayanan ditempat mobil keliling Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcatpil), Kamis (15/8). Mereka antusias berburu identitas kependudukan yang belum lengkap dimiliki, seperti Kartu Keluarga (KK), Akte Kelahiran hingga biodata sementara KTP el.

Awang Wibisono, Kades Tegalsari mengatakan, jauh sebelum pelayanan ditempat ini dilakukan, pihaknya sudah menginformasikan kepada warga agar melengkapi syarat dan berkas dengan sempurna. Sehingga, saat tim Disdukcatpil berada di desa, masyarakat tidak perlu lagi bolak-balik mencocoki kekurangannya, baik pra syarat membuat Kartu Keluarga, Akte Kelahiran maupun KTP el. "Alhamdulilah mereka antusias, karena memang kita sudah berikan informasi jauh-jauh hari, " katanya. 

Dalam pendataan, sambung Awang ada sekitar 200 lebih warga Tegalsari belum memiliki identitas lengkap, utamanya Akte Kelahiran. Mengingat, orangtuanya yang justru belum memiliki identitas, sehingga harus dibuatkan dulu KK dan KTP el sebagai syarat pembuatan akte. Dalam registrasi, Disdukcatpil langsung mengeluarkan akte kelahiran langsung dan KK untuk warga yang berkasnya sudah sempurna. "Desa lain sudah, memang sekarang itu giliran desa Tegalsari setelah kita mengajukan juga ke Catpil agar ada layanan di tempat, Alhamdulillah terkabul, " katanya. 

Bagi masyarakat yang sudah memiliki KK, KTP el dan Akte, harapnya, kiranya bisa dijaga dan dipergunakan untuk keperluan administrasi kependudukan, seperti masuk sekolah, menunaikan umrah dan ibadah haji dan lainnya. "Yang sudah dapat KK, Akte dan bahkan KTP el, kiranya bisa dijaga untuk keperluan administrasi kependudukan dan kebutuhan lainnya, "katanya. (Rdi)
Diberdayakan oleh Blogger.