Jumat, September 27, 2019

Cek Implementasi KTR, Puskesmas Tempuran Periksa Paru Siswa SMA

 

PELITAKARAWANG.COM - Meninjau implementasi Kawasan Tanpa Rokok (KTR), Puskesmas Tempuran sisir sekolah untuk melakukan pemeriksaan paru siswa SMA dan SMP/Mts. 

Kepala Puskesmas Tempuran, Silahudin Ajiz Skm mengatakan, jumlah siswa yang terindikasi paru-parunya bermasalah masih dalam rekapan tim laboratorium. Pihaknya, hanya meninjau implementasi KTR di sekolah, dengan cara memeriksa sisa pembakaran karbon dioksida (CO) atau asap rokok yang menempel di paru-paru. Pemeriksaan ini, bukan untuk dahak yang batin lebih dari 2 Minggu yang menjaring kasus TB Paru, tapi lebih pada pemeriksaan di laboratorium dengan cara menghirup CO yang hasilnya bisa di lihat di monitor. "Jadi, pemeriksaannya di hirup maksimal yang hasilnya bisa di lihat di monitor, " Katanya. 

Adapun pemeriksaan ini, ia catat di SMA ada 20 orang dan SMP/Mts 30 siswa. Semuanya berjalan lancar, tinggal menunggu hasilnya. Diharapkan setelah ini, para siswa sudah bisa menghilangkan pola hidup tidak sehat tersebut, aplagi disekolah. "Ada 20 siswa SMA dan 30 Siswa Mts yang kita periksa, " Ungkapnya.

Sementara itu, Guru SMAN 1 Tempuran, Asep Suherman mengatakan, pihaknya apresiasi pemeriksaan yang dilakukan pihak Puskesmas. Memang, bukan perkara mudah menghilangkan pola candu rokok, baik bagi gurunya di ruangan kantor, maupun siswa di luar sekolah Setidaknya, lewat hasil nanti, ada perubahan perilaku, agar para siswa bisa hidup lebih sehat dan menghindari menghisap dan menghirup asap rokok. "Bagus sih, meninjau implementasi KTR selama ini, " Pungkasnya. (Rdi)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top