Jumat, September 20, 2019

Lemahabang Buka Jambore Pramuka 58 Masih di Sawah

 

PELITAKARAWANG.COM - Lagi, pelaksanaan Jambore Ranting (Jamran) Pramuka Kecamatan Lemahabang, di buka dengan kondisi Bumi Perkemahan (Buper) masih lahan sawah paska panen, Jumat sore (20/9). Janji diberi hibah Rp500 juta sejak 2016 lalu oleh pejabat teras Karawang, tak kunjung terealisasi sampai sekarang. Terpaksa, 680 siswa peserta organisasi kepanduan tingkat SD - SMP itu, harus memasang 90 tenda, diatasi sawah Desa Pasirtanjung. 

Ketua Kwarran Pramuka Kecamatan Lemahabang, Asep Sudana mengatakan, sepatutnya, pelaksanaan Jamran ini digelar pada bulan Agustus lalu, tak lama setelah hari lahir organisasi yang di gagas lord badn Powell ini. Namun, karena Lemahabang tidak memiliki Bumi Perkemahan secara permanen seperti kecamatan tetangga, misalnya Tempuran dan Cilamaya Kulon, jadi terpaksa harus menunggu masa panen sawah tuntas sambil memastikan tanahnya kering. Sehingga, pelaksanaan Jamran ke 58 ini, baru bisa digelar saat ini. "Kita kan gak punya Buper seperti Cilamaya Kulon dan Tempuran, jadi pelaksanaan Jambore ini menunggu panen tuntas, ya sekarang ini, "ungkapnya.

Saat ini, pihaknya enggan mengharap -harap lebih atas janji Pemkab Rp500 juta untuk pengadaan Buper. Tapi, akan berupaya menginisiasi secara swadaya bersama gugus dan pembina se Kecamatan Lemahabang. Soal lahan, banyak yang menawarkan sampai harga cocok, tapi keuangannya harus bersabar sampai terhimpun secara swadaya. "Gak ngarep lagi, kalau tidak ada, ya kita ngencleng swadaya agar Lemahabang ini kedepannya punya Buper secara mandiri, "Katanya. 

Sementara itu, mewakili panitia pelaksana Jamran 58, Nurdin S.pd mengatakan, peserta yang ikut serta dalam jambore ini adalah 680 orang, terdiri dari 160 siswa SMP/Mts, 60 siswa SMA/SMK, Dewan Komndro Ranting (DKR) 30, PMR 20, Pembina pendamping 82, berikut jumlah tenda 45 putera dan 45 Puteri. Kegiatan ini, dilaksanakan, selama tiga hari kedepan. "Selain mempererat persaudaraan antara pembina dan peserta, juga ajang ini menjadi momen kompetensi bagi siswa bidang Kepramukaan yang merupakan eskul wajib di Kurikulum 2013, " katanya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Plt Kwarcab Pramuka Karawang Suhada, Korwilcambidik Samson S.pd dan Kamabiran yang juga Camat Lemahabang, H Hamdani S.IP sekaligus membuka acara Jamran 58 di desa Pasirtanjung.(Rdi)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top