Selasa, September 03, 2019

M Taufik dan Tetep Abdulatip Jabat Pimpinan Sementara DPRD Jabar

 


PELITAKARAWANG.COM-.Anggota DPRD Jawa Barat periode 2019-2024 M Taufik Hidayat (dari Partai Gerindra) menjabat sebagai Ketua Sementara DPRD Jabar dan Tetep Abdulatip (dari PKS) sebagai Wakil Ketua DPRD Jabar Sementara.

Penetapan pimpinan sementara DPRD Jabar tersbeut berdasarkan raihan kursi suara terbanyak di DPRD Provinsi Jawa Barat.

Wakil Ketua DPRD Jabar Tetep Abulatip mengatakan ada sejumlah tugas yang harus dilaksanakan oleh pihaknya diantaranya memimpin rapat-rapat DPRD, memfasilitasi peraturan tata tertib, menfasilitasi alat kelengkapan dewan, memfasilitasi pembentukan fraksi-fraksi DPRD dan memfasilitasi pimpinan definitif DPRD Provinsi Jabar.

Penetapan M Taufik Hidayat dan Tetep Abdulatip dilakukan seusai acara Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah/Janji Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Masa Jabatan 2019-2024, di Gedung Merdeka, Kota Bandung.

Sebanyak 120 Anggota DPRD Provinsi Jabar resmi dilantik melalui Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor: 161.32-3812 Tahun 2019 tentang Peresmian Pengangkatan Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Masa Jabatan 2019-2024, yang ditetapkan di Jakarta, 28 Agustus 2019.

Pengucapan Sumpah/Janji anggota dewan tersebut dipandu oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Barat H Arif Supratman SH MH dengan didampingi masing-masing pemuka agama.

Pelantikan dilakukan langsung oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Bandung. Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri RI juga telah mengeluarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor: 161.32-3811 Tahun 2019 tentang Peresmian Pemberhentian Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Masa Jabatan 2014-2019.

Pengucapan sumpah/janji ini merupakan amanat Pasal 156 Undang Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Dalam sambutannya, Ridwan Kamil pun menyampaikan selamat kepada angggota DPRD Jabar yang baru dilantik, serta berterimakasih kepada anggota DPRD Jabar sebelumnya atas dedikasinya dalam pembangunan di Jawa Barat.



Sebelumnya dituliskan sebanyak 120 Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar) resmi dilantik melalui Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Masa Jabatan 2019-2024 akan di Gedung Merdeka Jalan Asia Afrika No 56, Kota Bandung, Senin.

Pengucapan Sumpah/Janji anggota dewan tersebut dipandu oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Barat H Arif Supratman SH MH dengan didampingi masing-masing pemuka agama.

Selesai pembacaan sumpah/janji, acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara oleh masing-masing perwakilan.

Sekretarias DPRD Provinsi Jawa Bavat Toto Mohamad Toha mengatakan dengan adanya Pengucapan Sumpah/Janji tersebut maka keanggotaan DPRD Jabar periode 2014-2019 dinyatakan berakhir sesuai dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri tentang Peresmian Pemberhentian Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Masa Jabatan 2014-2019 dan Keputusan Menteri Dalam Negeri tentang Peresmian Pengangkatan Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Masa Jabatan 2019-2024 yang diterbitkan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.
Berdasarkan Keputusan KPU Provinsi Jawa Barat Nomor 88/PL.01.8 Kpt/32/Prov/VIII/2019 yang dikeluarkan dalam Rapat Pleno KPU Provinsi Jawa Barat tanggal 13 Agustus 2019 jumlah Anggota yang akan dilantik berjumlah 120 orang yang terdiri dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) 25 kursi, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 21 kursi, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) 20 kursi, Partai Golongan Karya (Golkar) 16 kursi, Partai Kebangkitan Bangsa( PKB) 12 kursi.

Kemudian Partai Demokrat 11 kursi, Partai Amanat Nasional (PAN) 7 kursi, Partai Nasional Demokrat 4 kursi, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 3 kursi, dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) 1 kursi.

Sementara berdasarkan jenis kelamin, Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat 2019-2024 terdiri dari laki-laki 97 orang dan perempuan 23 orang.

Sebelumnya pelantikan anggota dewan baru tersebut diawali dengan rapat paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Jabar periode 2014-2019 Ineu Purwadewi Sundari.

Dalam sambutannya, politisi perempuan dari Fraksi PDIP DPRD Jabar ini mengatakan rapat paripurna ini digelar berdasarkan dua keputusan Mendagri Tjahjo Kumolo.

"Pertama-tama ialah tentang keputusan peresmian/pemberhentian anggota DPRD 2014-2019 dan peresmian/pengangkatan anggota DPRD 2019-2024," kata Ineu.

Pihaknya berharap anggota dewan baru bisa melanjutkan kerja sama yang terbangun dengan baik dengan pemerintah selama ini dan bisa ikut membangun Jabar.

"Kami berharap kerja sama yang baik selama ini dilanjutkan oleh anggota baru nanti supaya dapat mewujudkan pembangunan di Jabar," kata Ineu.(ant).

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

KABAR KRIMINAL

Banner

BERITA TERBARU

Untuk Menghubungi Admin.

Back to Top