Kamis, September 19, 2019

Pejabat Kominfo Karawang Puji Kemajuan Bumdes di Tasikmalaya

 

PELITAKARAWANG.COM - Berbeda dengan pengelolaan Bundes di Karawang yang mayoritas fluktuatif dalam menjalankan aktivitas kegiatannya, Pejabat Kominfo Karawang kaget, melihat perkembangan dan kemajuan Bumdes yang memanfaatkan teknologi yang mengkoneksikan puluhan desa dan masyarakatnya. 

Disela-sela kunjungan kegiatan Rakor Bidang Kominfo, Persandian dan Statistik bersama, Kasie Statistik Sektoral Dinas Kominfo Karawang, H Eeng Haerudin mengatakan, Karawang sebenarhya, terkoneksi secara geografis, tapi sedikit kalah oleh Tasikmalaya. Di sana, 22 desa sudah terkoneksi internet satu sama lainnya, dengan fasilitas dari Bumdes Bersama, bahkan, sampai untuk langganan masyarakat sekitar. Sehingga, memungkinkan dilakukan teleconfrence live, bahkan minggon Live di Kecamatan. Padahal, dalam kunjungannya itu, wilayah yang jadi percontohan itu, adalah desa yang secara infrastruktur jalan dan fisik yang sempit dengan dusun dan kampung yang terpencar - pencari. "Kemajuan teknologi informasi di sana, mengagumkan. Peran Bumdes itu, benar-benar di rasakan, " Katanya. 

Eeng menambahkan, Hasil dari pengkoneksian jaringan internet ini adalah pemberdayaaan potensi hasil desa yaitu produksi manggis, peternakan domba dan hasil pertanian lainnya, termasuk pemberdayaan tenaga kerja anak-anak muda asli daerah untuk bekerja di bumades. Lokasinya, ada di Desa Mandala Mekar. Intinya adalah pemanfaatan teknologi informasi untuk membuka kawasan yang terisolir karena keterbatasan infrastruktur. Efek yang dihasilkan sendiri adalah berkembangnya sektor ekonomi pedesaaan. "Pemberdayaan hasil desa sangat optimal di rasakan dari jaringan internet yang terkoneksi itu, " Pungkasnya. (Rdi)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top