Selasa, September 17, 2019

Pendidikan Anti Korupsi di Sisipkan Lewat Kurtilas

 

PELITAKARAWANG.COM-.Selain Pramuka yang jadi ekstrakurikuler wajib dalam Kurikulum 2013 (Kurtilas), materi pendidikan anti korupsi juga disiapkan dalam sistem kurikulum yang mulai kembali di Bimtekan pekan ini. 

Nana Juhana, Instruktur Kurtilas Karawang mengatakan, Pramuka menjadi wajib jadi eskul di setiap sekolah, kali ini pendidikan anti korupsi juga sisipkan jadi bahan ajar di pendidikan karakter atau Pkn di Kurikulum yang dicetuskan Mendikbud era Anis Baswedan ini. Diharapkan, korupsi sudah bisa di cegah sedini mungkin, agar implementasinya jitu di kemudian hari. Mengingat, Kurtilas ini tidak sebatas teori saja yang di kedepankan, melainkan juga menganalisa dan memecahkan persoalannya. "Pencegahan korupsi jadi disisipkan kali ini di Kurtilas, tepatnya ya di pendidikan karakter, poin di mata pelajaran PKn itu, " Katanya. 

Pengawas asal Koorwilcambidik Telagasari ini menambahkan, Kurtilas hanya rumit di awal-awal transisi saja dari KTSP 2004, utamanya soal penilaian. Namun, saat ini sudah banyak revisi sehingga lebih memudahkan guru dalam penilaian sikap di Kurtilasnya. Saat ini, semua guru SD kelas 3 dan 6 di bimtek, kemudian menyusul dari 20 September - 4 Oktober Bintek khusus guru kelas 2 dan 5. Diharapkan, semua peserta faham serapan materinya, dan mengimplementasikan di sekolah masing-masing. "Jadi tidak hanya sekedar mengikuti. Peserta menerapkan apa yang jadi materi, "pungkasnya. (Rdi)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top