Rabu, September 11, 2019

Puskesmas Telagasari Komitmen Tuntaskan Stunting Lewat Germas

 

PELITAKARAWANG.COM - Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) 
Puskesmas Telagasari, digelar Selasa (10/9) kemarin. Kegiatan yang concern pada pencegahan Penyakit Tidak Menular (PTM), Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) itu, juga berupaya menjalin kesepahaman pencegahan dan penanganan Stunting di wilayah Telagasari. Ikut serta dalam kegiatan yang dilangsungkan di halaman Kantor Camat Telagasari itu, unsur Muspika Kecamatan, forum Ikatan Kepala Desa (IKD) Telagasari dan ratusan siswi lintas sekolah yang ditandai dengan makan buah berjamaah. 

H Asep Saepul Bahri SKM mengatakan, Penyakit Tidak Menular (PTM) semakin meningkat dari tahun ke tahun, sebab, penyakit seperti kanker, stroke, jantung dan diabetes ini, meningkat dari sebelumnya 37 persen untuk priode 1990 - 2015, saat ini menjadi 57 persen. Hal ini, tentu saja akan terus jika pola makan dengan gizi tak seimbang, hingga merokok dan kurangnya aktivitas fisik tidak tersosialisasikan. Karena itu, pencegahannya, sebut Asep, sangat erat kaitannya dengan perilaku individu yang di dukung kualitas lingkungan, sarana prasarana dan regulasi hidup sehat bersama pemerinyah. Sebab dasar itulah, demi peningkatan kesadaran pola ini, gerakan hidup higenis dan mencegah stunting di perlukan dukungan yang antara lain lewat Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Gernas) ini. "Tujuannya, ya supaya meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat dalam melakukan gerakan hidup sehat serta pencegahan dan penanganan Stunting di Karawang," katanya. 


Lebih jauh Asep berharap besar kepada para peserta Germas, yang antara lain terdiri dari siswi SMA/SMP dari berbagai sekolah, agar bisa melahirkan generasi-generasi sehat yang di mulai saat ini. "Selain simbolis dengan makan buah bersama sebagai upaya pola makan bergizi, juga dilakukan seminar khusus soal PTM, Stunting dan ada pemeriksaan kesehatan gratis dari Rumah Sakit sekitaran Telagasari, " katanya..

Camat Telagasari, Hj Yeti Yuliati S.Ip mengatakan, pihaknya sangat apresiasi gerakan Germas ini. Mengingat, pola hidup masyarakat dewasa ini, perlu suntikan informasi dan pemahaman kesehatan. Menyusul, maraknya penyakit yang menular dan tidak menular, sehingga sedini mungkin bisa di cegah. Untuk itu, khusus kepada kaum perempuan juga, ia ingatkan, bahwa sumber penyakit itu, kadang berasal dari pikiran dan pola makan yang tidak baik. Maka, untuk membuat hidup lebih sehat, terapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dari sekarang, baik makanan maupun lingkungannya. "Selain harus makan bergizi, jangan lupa aktivitas fisik. Semoga, dalam acara Germas ini, kita bertambah pengetahuannya soal kesehatan, " pungkasnya. (Rdi)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

KABAR KRIMINAL

Banner

BERITA TERBARU

Untuk Menghubungi Admin.

Back to Top