Jumat, September 06, 2019

Sudah 1.078 Peserta PKH Karawang Mundur Graduasi

 

PELITAKARAWANG.COM- Peserta Program Keluarga Harapan (PKH) di Karawang naik kelas. Hal itu nampak dari banyaknya jumlah peserta yang graduasi sepanjang Januari - Agustus ini. Terakhir, sebanyak 1.078 peserta program Kementrian Sosial (Kemensos) di Karawang itu, mundur atau graduasi atas kesadaran sendiri, karena menganggap ekonominya sudah mandiri. 

Ketua Forum Pendamping PKH Karawang, H Asep Jazuli Hamzah mengatakan, sampai bulan Agustus 2019 ini, sebanyak 1.078  Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari program PKH graduasi. Ini semua bukan atas arahan atau hasil penyisiran pendamping PKH, 
tapi murni karena kesadaran sendiri. Itu, dibuktikan dengan surat pengunduran diri ber meterai. "Sepanjang Januari - Agustus ini, sudah 1.078 peserta PKH yang graduasi, atau lepas dari program karena ekonominya sudah mandiri, " katanya.

Sebelumnya, Menteri Sosial, Agus Gumiwang mengatakan, Penurunan angka kemiskinan tidak lepas dari keberhasilan program bansos, seperti PKH. Dari 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) PKH, beberapa diantaranya sudah graduasi mandiri atau naik kelas. 
Graduasi mandiri yang dimaksud, artinya penerima manfaat atau KPM PKH sudah bisa lepas dari program bansos yang selama ini diberikan pemerintah. Hal itu, karena penerima manfaat dinilai telah mandiri secara ekonomi serta tidak lagi memenuhi syarat kondisional sebagai KPM PKH.
Seperti, bukan termasuk ibu hamil atau tidak mempunyai anak yang sedang bersekolah. Jika demikian pemerintah akan menarik bansos yang selama ini diterima, namun dengan tetap diberikan pelatihan melalui kegiatan kelompok usaha bersama (KUBE) mampu menjadi wirausaha. "Dengan ikut KUBE, harapannya mereka bisa keluar dari garis kemiskinan dengan keikhlasan dan kesadaran diri sendiri sehingga dapat hidup lebih mandiri. Jadi bukan hanya kita berikan ikan tapi juga kita berikan kail," imbuh Agus.
Ia mengakui, saat ini, jumlah KPM PKH tergraduasi mandiri masih sangat sedikit atau hanya sekitar 30 ribu dari total penerima manfaat. Tetapi ke depan, jumlah itu akan makin bertambah seiring berkembangnya KUBE dan sosialisasi yang dilakukan para penamping PKH. "Kita dorong penamping PKH agar bisa memotivasi penerima manfaat untuk lebih mandiri dan naik kelas atau tergraduasi. Yang kami tekankan adalah percepatan agar rasio graduasi lebih tinggi," Tandasnya. (Rdi/Rls)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top