Jumat, September 13, 2019

Tahan Panas, Waspada Penyebaran Virus Antrax di Karawang

 

PELITAKARAWANG.COM. - Ratusan hewan jenis domba dan sapi, berjamaah di vaksin Dinas Pertanian Karawang sepekan terakhir. Kegiatan yang melibatkan para penyuluh pertanian itu, menyisir setiap kampung di Karawang, sebagai upaya pencegahan penyebaran virus antrax pada hewan yang mengancam pada kesehatan masyarakat. 


Kades Tegalsari, Awang Wibisono mengatakan, di desanya petugas peternakan dari penyuluh pertanian Kecamatan Cilamaya Wetan, sudah melakukan vaksinasi antrax terhadap 165 ekor domba dan 1 ekor sapi, tepatnya di tiga dusun yaitu Kebon 1, Kebon 2 dan Dusun Krasak. Pelaksanaan vaksinasi yang di langsungkan pukul 08.00 - 09.00 pagi itu, disambut para peternak hewan jenis domba dan sapi di pelosok kampung. Mereka sebut Awang, merasa bersyukur ada perhatian dari Pemkab untuk kesehatan hewan agar terhindar dari virus antrax. Sebab, virus ini jika menjangkiti, bukan saja mengancam penyebarannya pada hewan menjadi sakit dan mati mendadak, tetapi juga pada kesehatan masyarakat."Sudah di vaksin di tiga dusun, jadi bagi domba dan sapi yang belum di vaksin antrax ini, akan menyusul Minggu depan, " katanya. 


Sementara itu, Kabid Peternakan Dinas Pertanian Karawang, Ir Handoko mengatakan, Vaksin antrax dilakukan untuk mencegah agar tidaj ada hewan yg terkena antrax. Kenapa? Karena sifat dari bakteri antrax yang tahan terhadap panas dan dapat hidup puluhan tahun didalam tanah, sementara karawang sendiri, sebutnya adalah daerah endemis antrax, sebab, pernah ada kejadian antrax di karawang. "Virus ini tahan panas dan dapat hidup puluhan tahun di dalam tanah, di Karawang pernah terjadi kasusnya. Jadi harus di cegah dengan vaksinasi ini, " Pungkasnya (Rdi)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

KABAR KRIMINAL

Banner

BERITA TERBARU

Untuk Menghubungi Admin.

Back to Top