Senin, Oktober 28, 2019

116 Pegawai Desa Lemahabang Bintek di Pangandaran

 


PELITAKARAWANG.COM- Porsi peningkatan kapasitas yang di pos kan dalam Dana Bagi Hasil (DBH) PDRD, dimanfaatkan semua Kades di Kecamatan Lemahabang untuk pelaksanaan Pembinaan Teknis (Bintek) perangkat desa. Senin sore (28/10), sebanyak 116 perangkat desa di dampingi 11 Kades, bertolak 3 Bis menuju Kabupaten Pangandaran. Rencananya, selain di bintek soal Sistem Keuangan Desa (Siskudes), para perangkat juga akan dilatih peningkatan kompetensi teknologi informasi lewat arahan DPMD dan Pendamping Desa (PD). 

Paniti Bintek Kecamatan Lemahabang, Saepudin mengatakan, para pegawai desa harus meningkat kompetensinya dalam mengelola pemerintahan desa, baik pos Sekdes, Bendahara, Kaur sampai Kepala Dusun (Kadus). Karenanya, DBH yang sudah turun di setiap desa, alokasinya ada untuk porsi peningkatan kapasitas pegawai desa, sehingga Bintek ini jadi bagian dari hal. "Tercatat ada 116 pegawai desa dari 11 desa yang ikut, semuanya harus kompak selama di Pangandaran, simak Binteknya dan ingat jadwal check outnya pada Rabu sore, (30/10), " Katanya. 

Senada dikatakan Kades Lemahmukti, H Damung. Bintek atau pos peningkatan kapasitas pegawai desa ini, ada di porsi DBH setiap desa dengan besaran alokasi Rp20 jutaan. Kebetulan, Kecamatan Lemahabang jadwalnya hari Senin - Rabu ini di Pangandaran. Di sana, sebut Damung, diharapkan bisa menambah out put kompetensi para pegawai desa saat kerja nanti di pemerintahan desanya masing-masing. " Iya, di alokasikan di DBH Rp20 juta setiap desa, salah satunya ya untuk Bintek ini, " Ujarnya.

Pendamping Desa Kecamatan Lemahabang, Ganda Sasmita mengatakan, di Pangandaran, para pegawai desa akan di Bintek langsung oleh para Pendamping Desa, Pejabat DPMPD dan Dinas terkait. Alokasi di DBH ini memang harus di belanjakan, salah satunya buat peningkatan kapasitas para pegawai desa. "Iya nanti ada pemateri dari Pendamping desa, DPMD dan dinas lainnya," Pungkasnya. (Rud)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top