Senin, Oktober 14, 2019

40 Petani Penyemprot Purwajaya di Periksa Colinesterase

 

PELITAKARAWANG.COM- Sebanyak 40 Petani Penyemprot dari beberapa kelompok tani di Desa Purwajaya Kecamatan Tempuran, di periksa kesehatannya Senin, (14/10). Pemeriksaan dengan pengambilan darah atau yang akrab disebut Colinesterase ini, di maksudkan untuk mendeteksi dini kandungan berbahaya dalam tubuh akibat cairan kimia obat pestisida dan insektisida dari aktivitasnya. 


Petugas Kesling Puskesmas Tempuran, Amirin Bukhori mengatakan, 40 Petani Penyemprot di periksa darahnya. Program ini dilakukan oleh Dinkes menyusul maraknya petani penyemprot yang terindikasi terpapar cairan kimia pestisida akibat tidak tepat penggunaannya di areal pesawahan.  Pemeriksaan dengan nama Colinesterase ini, disambut antusias para petani penyemprot, sehingga bisa dideteksi dan menghindari paparan racun kimia pestisida dalam tubuh. "Giat kita di Purwajaya, desa lainnya menyusul, "Katanya. 

Selain di periksa sambut Amirin, pihaknya juga berikan sumbangan Alat Pengaman Diri (APD) berupa topi, masker dan sarung tangan. Itu di maksudkan, agar petani bisa menjaga diri dengan alat tersebut dari ancaman paparan cairan semprotan kimia di sawah. "Setelah di periksa, mereka juga di berita APD," Pungkasnya. (Rdi)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top