Jumat, Oktober 04, 2019

Banyak Anggota DPR Bolos Rapat, Ini Pembelaan Puan

 

PELITAKARAWANG.COM-.Baru beberapa hari dilantik, anggota DPR periode 2019-2024 diketahui sudah mulai tidak hadir dalam sejumlah rapat paripurna awal, termasuk saat pelantikan ketua DPR. Ketua DPR RI Puan Maharani pun membela mereka, menyebut para anggota dewan belum diabsen.

Politikus PDI Perjuangan itu mengklaim, banyak anggota yang hadir saat dirinya dilantik pada Selasa (1/10) lalu. Namun, ia berdalih, daftar absen belum disediakan, sehingga anggota langsung memasuki ruang rapat.

"Jadi, mereka masuk tanpa absen atau absen sudah dikumpulkan tapi mereka baru hadir karena mereka siap-siap dari hari pertama," ujar Puan di Kompleks Parlemen RI, Jakarta, Jumat (4/10)

Pelantikan Puan pada Selasa malam dihadiri oleh ratusan anggota dewan terpilih. Tercatat hingga pukul 19.30 WIB, dari 575 anggota dewan, pelantikan Puan dihadiri oleh 265 anggota dewan. Padahal pagi harinya, seluruh anggota dewan baru saja dilantik.

Catatan lain soal absensi terjadi pada rapat paripurna MPR RI untuk periode 2019- 2024 yang digelar sehari setelah anggota dewan dilantik, pada Rabu (2/10). Namun, rapat yang seharusnya dihadiri anggota MPR dari DPD dan DPR itu hanya dihadiri setengah dari total anggota. Berdasarkan catatan hadir yang disampikan oleh sekretariat jenderal, hanya 376 anggota yang hadir dari 711 anggota MPR.

Puan pun belum mau bicara soal rencananya ke depan terkait kinerja para anggota dewan. Ia beralasan, dirinya baru dilantik empat hari. Sehingga, Puan akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan wakil Ketua DPR terpilih, dan seluruh pimpinan fraksi partai politik.

"Jadi, saya akan konsolidasi bersama. Karena DPR itu kan tidak bisa hanya ditentukan oleh ketua DPR saja, tapi seluruh pihak yang ada di DPR harus sama-sama untuk melaksanakan hal-hal yang sudah jadi komitmen bersama," ujar dia. (rol).

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top