PELITAKARAWANG.COM - Jelang berakhirnya masa jabatan Bupati dr Cellica Nurahhadiana, Kampung KB baru rampung dibangun sekitar 160 unit di desa - desa dan kelurahan. Di sisa waktu setahun, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) "gebrak" Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Karawang untuk jemput bola merampungkan program yang juga menjadi Nawa Cita Presiden Joko widodo itu.

Kabid Advokasi dan Pengendalian Penduduk DPPKB Karawang, Imam Bahanan Al Husyaeri mengatakan, sebenarnya target pemerintah pusat itu, memang pengadaan kampung KB bisa hadir 1 unit 1 desa, disana segudang program dan pemberdayaan lintas sektor terintegrasi yang bukan hanya persoalan KB. Namun, progres yang bagus, membuat Bupati Karawang menargetkan agar kampung KB bisa hadir semua unitnya di semua desa dan kelurahan di Karawang sejak 2017 lalu. Hasilnya, saat ini sudah ada 160 kampung KB terbentuk dan menjadi program prioritas peresmian Bupati di setiap kali acara Gebyar Pelayanan Terpadu Kecamatan (Paten). Atas dasar itulah, pihaknya mengundang Apdesi, Ketua Ikatan Kepalada Desa (IKD) dan Koordinator Kelurahan untuk rembug bersama bisa sukseskan program yang salah satunya sudah menganugerahkan penghargaan kepada Bupati dari Presiden berupa Bintang Satyalencana Pembangunan. "Kita baru rampung 160 unit, masih ada waktu kita gandeng Apdesi, IKD dan Kelurahan agar sama-sama sukseskan program kampung KB ini tuntas di tahun 2020, " Katanya.
Imam Bahanan Kabid dalduk
Dan advokasi DPPKB

Plt Kepala DPPKB Karawang, Hj Sopiah mengatakan, gaung kampung KB ini menyeluruh di semua Kabupaten/Kota karena merupakan program nawa cita Jokowi. Tapi di Karawang, menjadi program tersendiri dimana pengadaannya ditarget tuntas di tahun 2020 di 309 Desa dan Kelurahan di Karawang. Karenanya, yang belum membentuk kampung KB, pihaknya akan menggebrak agar kades bisa segera memfasilitasinya. "Karena baru 160, dan masih tersisa banyak. Kita gebrak nih kades, IKD dan Kelurahannya supaya sama-sama sukseskan kampung KB ini, " Ujarnya.

Sopiah menambahkan, bicara KB bukan melulu soal alat kontrasepsi, tapi saat ini semakin luas garapannya dan sudah terintegrasi. Bahkan, Kampung KB ini menjadikan Bupati Karawang menjadi kepala daerah satu-satunya di Karawang yang mendapatkan penghargaan Satyalancana dari Presiden Jokowidodo .Karenanya, silaturahmi dengan para Kades ini adalah upaya agar bisa mendapat dukungan baik moril dan materil di lapangan. "Semoga pertemuan dengan Kades ini bermanfaat dan bisa kerjasama sukseskan program KB dan kampung KB, " Katanya. (Rdi)