Kamis, Oktober 17, 2019

BPJS Kesehatan Gandeng Bumdes Klari Jadi Pilot Project Program

 

PELITAKARAWANG.COM - BPJS Kesehatan Cabang Karawang, berencana menggandeng Bumdes di Kecamatan Klari jadi percontohan untuk program kerjasama penagihan dan pembayaran iuran peserta mandiri JKN. Selain mempermudah akses masyarakat dalam membayar setoran, program ini juga bisa dibuatkan agen-agen lain di desa lainnya yang meminatinya. 

Disela-sela sosialisasi program JKN-KIS di Hotel Swis Bell, Kamis (17/10) Kepala Cabang BPJS Kesehatan Karawang, Debbie Nianta Musigiasari S.si APt, AAAK mengungkapkan, setoran iuran BPJS Kesehatan masyarakat Karawang masih rendah, yaitu berada pada kisaran 51 persen, sehingga perlu serapan lebih agar pembayaran itu meningkat, salah satunya mempermudah akses pelayanan yang akan di lakukan seperti pendaftaran dan pembayaran langsung ke desa melalui Bumdes. Karenanya, pihaknya akan menjadikan Bumdes di Kecamatan Klari sebagai pilot Project program ini, ada besaran iuran persentasenya dan hasil kinerja akan di dapatkan timbal jasa. "Iya, Kecamatan Klari nanti Bumdesnya Kuta jadikan percontohan programnya," Katanya.

Debbie menambahkan, jika sudah siap, pemerintah desa lain juga boleh membuat agen-agen serupa, bisa disampaikan langsung minat kerjasamanya dengan BPJS Kesehatan, baik PPIB kepesertaan maupun pembayaran mandiri. "Semoga kepatuhan pendaftaran, pembayaran dan akses ini bisa berkelanjutan dan bisa membuat masyarakat aktif menjadi Kepsertaannya, " Katanya.

Kepala DPMD Karawang, Ade Sudiana mengapresiasi upaya BPJS Kesehatan dalam merencanakan keinginan kerjasama program bersama Bumdes. Karena, selain bisa memberdayakan Bumdes juga bisa menyerap banyak kepesertaan jaminan kesehatan pegawai desa dan masyarakatnya. "Kita apresiasi keinginan BPJS Kesehatan kalau memang ingin kerjasama dengan Bumdes yang ada di Karawang, " Pungkasnya. (Rdi)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top