Senin, Oktober 07, 2019

Bupati Diciduk KPK, Sejumlah Warga Syukuran Potong Kambing

 

PELITAKARAWANG.COM-.Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara ditangkap KPK dalam operasi tangkap tangan (OTT) pada Ahad (6/10) malam.

Sejumlah warga mengaku gembira dengan penangkapan tersebut.Berdasarkan keterangan warga, kekecewaan warga atas kepemimpinan Bupati Agung Ilmu terjadi sejak menjabat lima tahun terakhir. Mobil yang membawa Agung menuju gedung KPK di Jakarta, pun mendapat sorak-sorak gembira dari warga malam itu.“Agung getah basah (pelit).. Agung getah basah/ (pelit)....” teriak warga dalam mobil berkeliling kota.

Tak hanya itu, pada Senin (7/10), sejumlah warga di Kotabumi menggelar syukuran dengan memotong tiga kambing dan seekor kerbau. Kambing yang telah dikuliti dagingnya di tempel di sebuah mobil warga, lalu diarak keliling kota kabupaten, tanda kegembiraan warga atas penangkapan oleh KPK.

Menurut Iwan, warga Kotabumi, Lampung Utara, kepemimpinan Agung sebagai bupati tidak mampu mengayomi warganya. Warga tidak peduli dan prihatin dengan Agung atas apa yang dialami Agung saat ditangkap KPK.  “Justru warga bergembira,” kata Iwan.

Ia mengatakan, kepemimpinan bupati Agung selama ini dinilai tidak merakyat. Rakyat yang berada di kabupaten merasa tidak ada perhatian dari bupati atas kepentingan rakyat.

Tak hanya rakyat, seorang kontraktor di Bandar Lampung juga menilai kepemimpinan Agung selama menjabat bupati berbeda dengan pemimpin sebelumnya. Bahkan, kontraktor yang tidak mau disebutkan namanya tersebut, menyesali tindakan bupati yang tidak memperhatinkan kepentingan rakyat.

Agung Ilmu Mangkungara menjabat bupati lima tahun terakhir. Ia  pun terpilih lagi untuk masa jabatan kedua. Agung adalah anak kandung Tamanuri, yang juga pernah menjabat Bupati Waykanan. Saat ini, Tamanuri terpilih lagi menjadi anggota DPR-RI dari Partai Nasdem.

Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johnny G Plate mengatakan, Partai Nasdem sudah menerima pengunduran diri dari Agung Ilmu Mangkunegara, Bupati Lampung Utara, yang terkena operasi tangkap tangan (OTT) KPK. Ia pun mengaku prihatin atas insiden itu.

"Prihatin sekali dengan kejadian itu, saya tadi malam sudah mendapatkan informasi bahwa keluarga dekat atas nama saudara IM itu sudah mengusulkan atau minta diberhentikan atau berhenti dari partai," kata Plate, Senin (7/10).

Pengunduran diri itu, kata Plate, ditujukan kepada pimpinan di Provinsi. Pimpinan pusat pun menindaklanjuti permintaan itu. Nasdem berharap, KPK bisa melakukan proses hukum dengan sebaik - baiknya.

"Kami harapkan hanya sebagaimana amanat UU tentunya bahwa hukum itu adil bagi semuanya, tetapi projustisia harus dilaksanakan dengan baik oleh KPK," kata Plate.

Terkait bantuan hukum, Plate mengaku belum mengetahui. Ia mengatakan, Ilmu Mangkunegara belum berkomunikasi langsung dengan partai.

Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara beserta lima orang lainnya tertangkap tangan oleh KPK dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) pada Ahad (7/10). Dalam OTT tersebut, KPK turut mengamankan setidaknya empat orang.

Empat orang itu terdiri dari bupati, dua orang kepala dinas, serta satu orang perantara. Wakil Ketua KPK Laode M Syarif mengatakan kasus yang menjerat AIM diduga terkait proyek di Dinas Pekerjaan Umum atau Koperindag di Kabupaten Lampung Utara.(rol)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top