Senin, Oktober 21, 2019

Bupati Karawang : Demi Anak, Orangtua Jaman Now Wajib Kuasai Teknologi Informasi

 


PELITAKARAWANG.COM - Di era digital ini orang tua miliki saingan berat dalam mendidik anaknya, yakni teknologi informasi. Anak-anak memiliki sumber informasi baru dari internet maupun teman-temannya karena mereka tersambung melalui internet.

Hal ini dikatakan Bupati Karawang, Cellica Nurrrachadiana, saat menghadiri seminar Pendidikan Tahun ke-11 Yayasan Pendidikan Al- Madani Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Karawang, minggu (20/10/2019). 

“Sekarang ini tantangannya, orang tua harus lebih aktif. Orang tua harus menjadi tokoh utama dalam keseharian anaknya,” tegas Cellica. 

Masih menurut Bupati Cellica, di tengah kesibukan, orang tua tidak memiliki alasan untuk tidak mempunyai kualitas hubungan terhadap anak-anaknya. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi. Dengan demikian gadget yang dipegang menjadi alat edukatif bukan malah menjadi alat perusak anak. 

“Tantangan bagi orang tua jaman sekarang dalam mendidik anak adalah bagaimana caranya agar anak dapat memiliki akhlak dan moral yang baik, seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini,” tegas Bupati. 

Orang tua harus mengikuti perkembangan jaman, lanjut Bupati, untuk yang anaknya sudah agak dewasa dan mulai kenal internet dan pegang handphone, para orang tua juga harus menguasai cara berinternet dengan cara diskusi dengan anak, dan ajak anak untuk menggunakan internet dengan bijak.

“Pada dasarnya mendidik itu tidak bisa dilakukan orang tua sendiri tapi harus kerjasama dengan orang-orang di lingkungan sekitar, harus ada korelasi dan komitmen bersama,” pungkas Cellica.

Seminar Parenting dengan tema “Menjadi Sahabat Anak Digital” itu menghadirkan narasumber Cahyadi Takariawan dan Nur Laila yang merupakan pasangan suami istri dan keduanya berprofesi sebagai penulis. Seminar ini diikuti oleh orangtua murid dan para guru serta seluruh siswa Yayasan Pendidikan Al–Madani.(Rdi/isk)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top