PELITAKARWANG.COMSebanyak tujuh rumah warga dan satu bangunan sekolah di Kampung Cihandeuleum, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, rusak setelah dihujani batu besar dari atas Gunung Cihandeuleum.


Kejadian ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Purwakarta Wahyu Wibisono. Pihaknya mendapatkan laporan langsung dari petugas di lapangan.Ia mengatakan batu yang menghujani rumah warga merupakan dampak dari aktivitas blasting atau peledakan batu yang dilakukan oleh PT Mandiri Sejahtera Sentra (MSS) pada Selasa (8/10/2019) siang, sekitar pukul 13.00 WIB."Dari hasil pengecekan di lapangan oleh anggota dan menurut keterangan saksi, batu tersebut jatuh dari ketinggian sekitar 500 meter ke rumah warga yang ada di bawah gunung," kata Wibi.

Dari tujuh rumah warga dan satu bangunan sekolah, dua di antaranya mengalami kerusakan yang cukup parah. Sedangkan yang lainnya mengalami kerusakan di beberapa titik setiap bangunannya. "Langkah pertama yang kami lakukan di TKP adalah mengevakuasi warga ke tempat yang aman," ucapnya.Meski kejadian itu tak menimbulkan korban jiwa, kata Wibi, petugas dari Dinas Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran disiagakan di sekitar lokasi.

sumber : detikcom