Senin, Oktober 28, 2019

Kontingen Jumbara PMR PMI Karawang di Lepas Bupati Ke "Gajah Depa"

 

PELITAKARAWANG.COM - Sebanyak 70 Kontingen Jumbara PMR PMI Kabupaten Karawang dilepas Bupati Karawang seusai upacara HUT Sumpah Pemuda di Plaza Pemda, Senin (28/10). Mereka, akan ikuti Jumbara PMR PMI Tingkat Provinsi Jawa Barat di Bumi Perkemahan Gajah Depa Cimalaka Kabupaten Sumedang, 28 Oktober - 2 November. Di pimpin langsung Ketua PMI Karawang, Hj Elly Amalia Priatna, jumlah kontingen 70 orang tersebut, 12 diantaranya tingkat Wira (SMA/SMK), 15 orang tingkat Madya (SMP/Mts) dan 5 orang dari tingkat mula (SD). Sementara sisanya, dari unsur Korps Sukarelawan (KSR) dan Tenaga Sukarelawan (TSR).
Ketua Kontingen H Momon yang juga Ketua Bidang Pendidikan Latihan dan sumber daya manusia PMI Karawang 
mengatakan, kegiatan yang rutin di gelar lima tahun sekali ini bertujuan untuk meningkatkan karakter kepalangmerahan serta peran anggota PMR dalam penerapan Tri Bakti PMR sebagai sebagai contoh pendidik sebaya melalui pendekatan keterampilan hidup.

Kegiatan Jumbara ini meliputi kegiatan pameran mini, pembuatan majalah dinding, PMR Jabar Juara (Mojang Jajaka PMR) dan pertemuan Forum Remaja Palang Merah (FORPIS). Sedangkan kegiatan Bhakti diantaranya Traveling Kepalang merahan, home stay, Bhakti Masyarakat, penyuluhan pertolongan pertama, kesehatan remaja, donor darah dan pelantikan Sekolah Siaga Bencana (SSB). Adapun kegiatan gembira sambung Momon, diantaranya desain album persahabatan, desain kartu ucapan hari relawan, desain Maskot PMR Jabar Juara, olah raga dan permainan persahabatan tradisonal, panggung budaya, paduan suara dan parade budaya. "Lokasinya di Sumedang, ada 70 Kontingen yang ikut serta dari Karawang, " Katanya.

Peserta dari Karawang sendiri sambung Momon, telah melalui seleksi yang ketat dari seluruh anggota PMR dari mulai tingkat SD,SMP/MTS,SMA/SMK/MA yang ada di kabupaten Karawang dan sudah menjalani pemusatan latihan di Markas PMI Cabang Karawang dan di daerah Cigolosor Loji Pangkalan sejak tanggal 9 September lalu, "Yang jadi kontingen itu, yang hasil seleksi ketat dan pemusatan latihan intensif sebelumnya," Katanya. 

Sunarto Pembina SMAN 1 Tempuran mengatakan, dua orang anggota PMR Wira SMAN 1 Tempuran terpilih menjadi anggota kontingen Karawang pada jumbara tingkat Provinsi Jawa barat dari 12 orang anggotanya. Mereka atas nama Rasim Abdul Hadi dan Lia Waroka. "Alhamdulillah ini salah satu prestasi yang membanggakan buat SMAN 1 Tempuran dimana siswa kamu juga ikut mewakili ke tingkat Provinsi, " Pungkasnya. (Rud)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top