Kamis, Oktober 10, 2019

Obat Semprot Sawah Picu Kanker dan Gangguan Pernafasan

 

PELITAKARAWANG.COM.-Turunnya tim medis untuk memeriksa kesehatan para tukang semprot sawah dengan cairan zat kimia insektisida dan pestisida, bukan tanpa alasan. Menyusul ancaman penyakit yang di timbulkan jika tidak tepat cara dan tepat guna, seperti gangguan pernafasan, turunnya metabolisme tubuh, mual hingga kanker bahkan kematian.
Petugas Kesehatan Lingkungan (Kesling) Puskesmas Telagasari, Lilis Murniasih mengatakan, pemeriksaan terhadap petani penyemprot dinamakan colinesterase dengan sasaran jelas para petani penyemprot yang biasa kontak dengan pestisida. Tujuannya, adalah untuk mengetahui kadar pestisida yang masuk ke dalam tubuh petani, karena pestisida adalah bahan kimia yang termasuk logam berat yang apabila terakumulasi dalam tubuh dengan jumlah yang banyak akan berdampak pada kesehatan."Penyakit yang mengancam sendiri gak main-main, seperti gangguan sistem pernafasan, gangguan sistem metabolisme tubuh dan bisa menyebabkan kanker, " Katanya kepada Pelitakarawang.com, Kamis (10/10).
Lilis menambahkan, jika ada yang terindikasi, biasanya disarankan untuk tidak kontak dulu dengan pestisida dalam jangka waktu beberapa bulan dan di sarankan untuk meminum vitamin serta makan makanan yang bergizi, sebagai upaya untuk meningkatkan daya imunitas tubuhnya. Sebab, gejala terdampak pestisida ada yang langsung yang biasanya langsung terhisap lewat pernafasan bisa pusing, mual  muntah dan pingsan. Bahkan, bila tidak segera di tangani oleh tim medis bisa menyebabkan kematian. "Ada yang kena langsung ada yang bertahap, bahkan jika tidak ditangani tim medis dengan cepat bisa menjalar pada ancaman kematian, " Pungkasnya. (Rdi)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

LEGISLATIVE KARAWANG

Back to Top