Rabu, Oktober 30, 2019

Pamidangan Ciwulan Kandidat Tuan Rumah Kontes Ketangkasan Domba Piala Presiden

 

PELITAKARAWANG.COM- Pamidangan Ciwulan di Desa Ciwulan Kecamatan Telagasari, di usulkan jadi kandidat tuan rumah kontes ketangkasan domba Piala Presiden di tahun 2020 mendatang. Hal itu, terungkap dalam kegiatan silaturahmi Pengurus Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) Jawa Barat, Rabu Siang (30/10).


Lahan seluas 2 hektaran di Utara Ciwulan itu, di dorong jadi lokasi wilayah dalam kontes se Purwakarta, Subang, Karawang dan Bekasi (Purwasukasi).

Pengurus DPC HPDKI Karawang, Enin Sutisna mengatakan, HPDKI Karawang pengurusnya belum genap setahun terbentuk, tapi sudah menyelenggarakan dua kali kontes, salah satunya juga tingkat internasional di Galuh Mas baru-baru ini. Begitupun, keaktifan HPDKI Karawang dalam kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerja). Dari sana, sebut Pria yang akrab disapa Lurah Adok ini, pihaknya menerima informasi bahwa awal-awal tahun 2020 akan di selenggarakan liga kontes domba piala presiden yang akan di pusatkan di tujuh lokasi Pamidangan di Jawa Barat. Pihaknya, sebut Adok, mengusulkan Pamidangan Ciwulan menjadi salah satu tuan rumah dari 7 lokasi yang di rekomendasikan tersebut. "Harus siap, walaupun HPDKI baru terbentuk, karena kita punya tempat memadai dan sering di jadikan tempat latihan setiap Minggu kedua di lokasi Pamidangan ini, " Katanya. 



Enin menambahkan, soal standar tuan rumah, pihak DPD HPDKI Jawa Barat meminta arahan agar sempurna apa saja. Mengingat, memang lokasi Pamidangan Ciwulan masih belum memenuhi syarat, seperti alat-alat nayagan, fisik tribun penonton, dan media lainnya. Sebab, pengadaan yang ada, masih alakadarnya dari pengurus HPDKI yang jumlahnya ada 40 orang. "Antusias masyarakat luar biasa, selain bisa menggerakkan ekonomi juga menjadi wahana wisata dan kebudayaan. Pokoknya kita semangat kalau jadi tuan rumah," Tandasnya.

Kasie Kesenian pada Bidang Kebudayaan Disbudpar Karawang, H Waya mengaprsiasi eksistensi HPDKI Karawang, ditengah segala keterbatasan, tapi mampu berkontribusi pada prestasi dan penyelenggaraan kontes yang sudah banyak menggerakkan ekonomi, sosial dan wisata di masyarakat. Soal bantuan, Dinas siap dorong khusus pengadaan alat-alat seni dan nayagan di APBD, seperti kendang, terompet, gong dan lainnya. Adapun pengadaan fisik tribun penonton, silahkan berkoordinasi dengan Dinas PUPR dan Dinas PRKP. "Saya salut atas eksistensi HPDKI Karawang, kedepan even dan harapannya akan kita upayakan, " Pungkasnya. (Rud)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top