Rabu, Oktober 09, 2019

Peduli Lingkungan, Puluhan Santri Yatim Bayur Ini Becek-Becekan

 

PELITAKARAWANG.COM - Peduli lingkungan tidak hanya teori, retorika dan pencitraan. Tengok saja selokan dan irigasi di komplek Pondok Pesantren Al Burdah Dusun Kecemek Desa Bayurkidul Kecamatan Cilamaya Kulon, bersih seketika sesaat setelah puluhan santri yatim piatu itu rela becek-becekan demi hidup sehat menjelang musim penghujan. 

Kata Pimpinan Pesantrennya, KH Aming Amrullah, selokan dan irigasi samping bangunan pondok sering meluap saat musim penghujan, itu karena saluran yang mampet, dangkal dan banyak sampah dari hulu. Setiap hari, para santri asuhannya ini sudah terbiasa bersih-bersih lingkungan sebagai wujud Sunnah nabi, seperti sapi halaman pondok, bakaran sampah, mengepel lantai, hingga merapihkan buku dan kitab. Hanya kebetulan saja, jelang musim penghujan yang sudah di prakiraan, para santri ini memilih buka pakaian dan berjamaah membersihkan selokan yang hitam pekat agar aliran irigasi lancar. "Mereka bersih lingkungan itu tanpa beban, sebab kalau air meluap, sampai ke lantai pondok tempat mereka tidur, " Katanya. 

Lebih jauh Aning menambahkan, selain mengaji, kegiatan peduli lingkungan ini sudah jadi kebiasaan harian dan mingguan para santri yatim. Mereka, di ajarkan hidup mandiri, jangankan pada orang lain, pada diri dan lingkungan saja begitu di perhatikan. "Apapun mereka lakukan berjamaah, ini rill kepedulian lingkungan sekitar. Ya kita jaga apa yang ada di hadapan kita, " Pungkasnya. (Rdi)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top