Kamis, Oktober 24, 2019

PRPM Pasirputih - Tangkolak Diresmikan, Tengok Hasilnya

 

PELITAKARAWANG.COM Pusat Restorasi Pembelajaran Mangrove (PRPM) di resmikan Bupati Karawang dr Cellica Nurrachadiana di pantai Pasirputih Desa Sukajaya Kecamatan Cilamaya Kulon, Kamis (24/20). Dua PRPM yang di fokuskan di Pasirputih dan pantai Tangkolak ini merupakan hasil dari garapan bantuan Pemkab dan Coorporate Social Responsibility (CSR) dari Pertamina Hulu Energi (PHE) selama 2 tahun terakhir. Beragam infrastruktur dan media yang menunjang PRPM, di sulap menjadi kawasan ekowisata baru bagi masyarakat pesisir. 

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Karawang Hendro Subroto mengatakan, perkembangan tanaman mangrove mulai perbatasan Subang (Muara Cilamaya)  dan perbatasan Bekasi (Pakisjaya) luasnya 84 mil. Banyak kelompok binaan dan kelembagaan yang dibentuk seperti Pokmaswas untuk mengawasi dan mengontrol situasi dan kondisi laut dengan pesisirnya. Karenanya, di PRPM ini, selain ada bantuan dari Pemkab melalui APBD, juga ada Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Provinsi Jawa Barat hingga Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP). Bahkan, yang tak kalah penting, dalam giat PRPM ini, di topang juga oleh Pertamina ONWJ, utamanya dalam pelestarian mangrove. "Banyak sarana fisik yang sudah diberikan, baik dari KKP, APBD 1 dan APBD 2 termasuk peran besarnya Pertamina ONWJ, " Katanya 

Vice Presiden PHE ONWJ, Ifky Sukarya mengatakan, ONWJ beroperasi di perairan Karawang dan ikut serta  melaksanakan tanggungjawab sosial, agar bisa maju dan tumbuh termasuk masyarakatnya, utamanya kemandirian. 
Ketua DPRD Karawang Pendi Anwar Menyerahkan secara Simbolis Kapal Wisata

Pembangunan dan peran serta pihaknya yang diusung adalah pemberdayaan, dimana ONWJ itu fokus pada bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, serta ekonomi masyarakat. Karenanya, di pasir putih inilah zona yang bisa dikelola ruang pesisir dan melestarikan mangrove atau Kayu Getah Buah (KGB) untuk kehidupan masyarakat pesisir. "Mangrove ini adalah bagian dari lokus pemberdayaan PHE ONWJ terhadap masyarakat pesisir, agar kiranya bisa dilestarikan dan di kelola demi kemandiriannya di masa mendatang," Katanya. 

Bupati Karawang, dr Cellica Nurahhadiana mengatakan apresiasinya kepada KKP, Provinsi dan PHE ONWJ, semoga komunikasi dan komitmen semuanya untuk mewujudkan ekosistem dan ekowisata dilaut bisa tetap terjaga, karena ia tahu PHE berperan besar dalam penanaman 60 ribu pohon Mangrove di pesisir Karawang. "Luar biasa, bagus infrastrukturnya, kita akan terus dorong komitmennya dalam mewujudkan ekosistem yang baik di pesisir juga, " Pungkasnya. (Rdi)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top