Selasa, Oktober 08, 2019

Ragam Penyakit Ini Jitu di Cegah Lewat Imunisasi

 

PELITAKARAWANG.COM - Jangan ragu mengikuti imunisasi, khususnya bagi masyarakat yang memiliki anak usia balita sampai usia SD. Mengingat, imunisasi dengan vaksin yang sudah di rekomendasikan Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu, jitu mencegah beragam penyakit pada balita.

Kepala Puskesmas Telagasari, Asep Saepul Bahri mengatakan, bahwa Imunisasi merupakan hak dasar anak, yang menjadikan anak sehat, karena anak sehat adalah investasi. Kasus-kasus Penyakit yang dapat dicegah dengan Imunisasi (PD3I) antara lain TBC, Difteri, Pertusis, Tetanus, Campak dan Polio serta Hepatitis dengan cara peningkatan cakupan imunisasi. Karenanya, Imunisasi ini adalah intervensi kesehatan yang paling sukses dan cost efective dengan mencegah kesakitan, kecatatan dan kematian anak. " Dengan pemberian imunisasi pada setiap anak merupakan bentuk upaya menurunkan kemungkinan resiko penularan penyakit antar individu atau dengan kata lain agar tidak terjadi KLB dari penyakit2 tertentu, " Katanya. 

Asep menambahkan, karena penting pencegahan jenis penyakit itu, Puksesmas mengajak seluruh unsur, baik masyarakat, pejabat, orang tua balita, tokoh agama, serta tokoh masyarakat untuk selalu peduli dan mendukung serta mensukseskan program immunisasi ini. Karena dengan  Imunisasi, telah terbukti sebagai  intervensi paling cost-effective dibandingkan dengan intervensi lain dalam menurunkan angka kesakitan dan kematian." Imunisasi memberikan kontribusi dalam pencapaian goal ke 4 dari MDGs yaitu Penurunan Angka Kematian Anak dan Imunisasi berhasil mencegah 2-3 juta kematian per tahun," Paparnya.

Lebih jauh Asep menambahkan, wilayah Kecamatan Telagasari sendiri, Capaian Balita dengan immunisasi Lengkap sampai dengan bulan September 2019 ini sudah mencapai 60,61 % dan diakhir tahun ini tepatnya di bulan Desember 2019 angka capaian Imunisasi dasar lengkap ini harus mencapai 85%.

Pada kesempatan ini juga Puskesmas menyerahkan secara Sertifikat immunisasi dasar lengkap pada balita yang sudah lulus /sudah lengkap diimmunisasi dasar sampai usia 9 bulan dengan menghadirkan 6 (enam) orang Balita dari perwakilan Desa Kalibuaya, Pasirtalaga dan Talagasari."Cakupan di Telagasari sampai akhir tahun, kita targetkan harus sudah mencapai 85 persen, "Pungkasnya. (Rdi)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top