Rabu, Oktober 30, 2019

Relokasi Kacer Bergulir, Kepala SMK Swasta Dorong Ikhtiar DPRD Karawang

 

PELITAKARAWANG.COM - Bak gayung bersambut, rencana DPRD Karawang yang mengusulkan relokasi program Karawang Cerdas dari SMA/SMK berstatus negeri ke Swasta, langsung menuai reaksi positif dari para kepala SMA/SMK Swasta. Rabu sore (30/10), sejumlah petinggi pengurus Musyawarah Kerja Kepala SMK Swasta (MKKSS) Karawang, langsung sambangi sekretariat Komisi IV DPRD. Diterima langsung ketua komisi, Asep Ibe, para kepala SMK Swasta mengutarakan langsung dukungan tersebut. 

"Setelah program SPP di Hapus lagi di SMA/SMK Negeri di tahun ajaran baru, otomatis porsi anggaran bagi negeri semakin membesar dari Provinsi, sementara analisis kebutuhan di SMK Swasta, ada dan tidak ada SPP, banyak siswa yang lebih membutuhkan bantuan Pemkab, jadi tepat kalau ada relokasi Kacer itu untuk swasta, " Kata Kepala SMK Indonesia Mas, Mulyadi Rusmanto MM, kepada pelitakarawang.com, Rabu (30/10).

Pihaknya, sebut Mul, bersama 94 SMK Swasta mengutarakan langsung dukungan dan upaya anggota DPRD yang tengah mewacanakan hal ini. Karena, kalau bicara soal siswa kurang mampu, kemudian anak berprestasi, siswa swasta juga tak kalah jauh dari sekolah berstatus negeri. Jadi, jangan lagi dikesankan bantuan dari Pemkab pada pendidikan, acapkali disebut jomplang perhatiannya antara negeri dan swasta. "Sekarang ini juga kan besaran kuota Kacer, jomplang antara negeri dan swasta. Sehingga, relokasi ke swasta paska penghapusan SPP dari Provinsi, kita dukung. Tinggal koordinasi saja yang masif dengan Kantor Cabang Dinas (KCD) dan Disdikpora Karawang," Ujarnya. 

Senada dikatakan Kepala SMK Taruna Karya Mandiri (TKM) Mulyana, bak gayung bersambut, semua kepala SMK swasta langsung merespon positif perhatian DPRD Karawang, khususnya komisi IV. Selama ini, memang banyak anggaran yang turun ke Negeri tapi tetap memberlakukan SPP, sementara swasta pemberlakuan SPP itu, benar-benar mengejar analisis kebutuhan sekolah. Artinya penghapusan SPP di negeri tidak berpengaruh banyak bagi Swasta, tapi bagi negeri kemungkinan akan ada penambahan pos anggaran dari Provinsi. Sehingga, menutup kekurangan analisis kebutuhan pendidikan di SMK swasta, maka program Karawang cerdas memang ideal di relokasi dari Negeri ke swasta, karena selama ini diakui Mul, kuota bagi swasta, jauh lebih sedikit ketimbang Negeri. Bahkan, beberapa diantaranya justru di dapat satu siswapun. "Tindaklanjutnya nanti kita terus support DPRD Karawang, agar semakin melirik SMK swasta yang ada di Karawang ini, " Pungkasnya. (Rud)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top