Jumat, Oktober 04, 2019

Santri Attarbiyyah Ikuti Pelatihan "One Pesantren One Product" Jawa Barat

 

PELITAKARAWANG.COM -  Menggairahkan ekonomi Pesantren, Gubernur Jawa Barat luncurkan program "One Pesantren One Product " di tahun ini. 

Kegiatan OPOP ini, merupakan program pemberdayaan ekonomi pesantren dengan menghadirkan ragam kegiatan, seperti pelatihan bisnis berbasis daring, mengadakan aktivitas magang, pelatihan cara mengelola uang, dan pendampingan produksi pemasaran. 

Sejak sepekan terakhir, ratusan perwakilan Pesantren di Jawa Barat, ikuti pelatihan dan magang OPOP ini di Pesantren Al Ittifaq Bandung, termasuk Karawang yang salah satu diantaranya di wakili Pesantren Attarbiyyah Ciwulan Kecamatan Telagasari.

Menurut perwakilannya, Subki Akbar mengatakan, pihaknya ikuti pelatihan dan magang di Bandung selama 3 hari ini. Menyusul, ada 1.100 pesantren di Jawa Barat tahun ini yang sudah mendaftar OPOP ini. Selama pelatihan, pihaknya banyak wawasan enterpreneur, mulai manajemen, ide bisnis sampai pemasaran dan pengelolaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Belum semua sebut Subki, pesantren seberuntung Attarbuyyah, karena harus melewati tahapan seleksi dahulu, apalagi target Gubernur dalam merealisasikan OPOP ini, bisa menyasar pada 8.000 pesantren di Jawa Barat. "Pelatihan ini tentu menambah wawasan baru utamanya dalam memahami dan mengaplikasikan ekonomi kerakyatan yang bisa di berdayakan di lingkungan pesantren, "Katanya. 

Yang membuatnya takjub, dalam program ini sebut Subki, Pemprov memodifikasi wirausahawan santri ini kelak lebih bermuara modern, tak ayal pemateri pelatihan dan magang juga melibatkan orang dan lembaga dari dalam dan luar negeri, seperti Japan Internasional Coorporation of Agency (JICA). Sehingga, semakin memotivasi wirausaha yang mulai di lirik Pemprov di lingkungan Pesantren ini, mengingat anggaran hibah dari OPOP ini, sudah disiapkan setelah peserta dari perwakilan Pesantren ini selesai mengikuti pelatihan dan magang di Bandung ini. "Ada beberapa lokasi tempat magang ini, kebetulan kalau kami dari Attarbiyyah, bersama Daarul Hufadz Batujaya pelatihannya di Bandung ini, jadi sesuai bidang usahanya, peternakan, perikanan dan konveksi, "Pungkasnya. (Rdi)


Berikut Nama Pesantren Karawang yang Ikuti Program OPOP : 
- Al burdah
- Al wafie
-Darul huffaz
- Attarbiyah
- NA al banat
-  NA Purwasari  
-  Nurul quran loji
- Hamlatul quran
-  Mambaul quran
- Nurul Falah Johar
- Nurul falah al huda
- Arrohmah Kosambi
- Aswajaya pangkalan
-  NA Tarbiyatul Afthtal
- Mimbar huffazh
- Darusalam
- Qutrhonida
- Annihayah
- Al muhajirin
- Miftahul jannah
- Nurrusalam
- Assaidiyah
- Baitul ulya
- NA al banin
- Baitul burhan
- Barkatul huda

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top