Rabu, Oktober 02, 2019

SDN Sumurgede 1 Wakil LTUB Cilamaya Kulon

 

PELITAKARAWANG.COM-Lomba Tata Upacara Bendera (LTUB) kembali digelar. Giliran SDN Sumurgede 1 di garap tim penilai Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang, Rabu (2/10). Sebagai wakil dari Kecamatan, para siswa jauh-jauh disiapkan untuk melakukan latihan terbaik jelang penilaian tahunan ini.
Kepala SDN Sumurgede 1, Hasan S.pd mengatakan, LTUB SDN Sumurgede I  ini merupakan kegiatan lomba yang mewakili Cilamaya Kulon di tingkat Kabupaten. Selain jadi kegiatan mingguan di hari Senin upacara bendera, para siswa berlatih optimal jelang kegiatan lomba upacara yang juga dipertandingkan wakil-wakil SD dari SD Kecamatan lainnya. "Senin kita biasa upacara, sehingga LTUB ini tidak menjadi beban bagi siswa yang jadi petugas upacara, " Katanya.
Hasan menambahkan,lomba yang dihadiri langsung Koorwilcambidik Kecamatan Cilamaya Kulon ini merupakan aplikasi dari pendidikan Karakter, sebagaimana dituangkan dalam Perpres 87 Tahun 2017 tentang penguatan pendidikan karakter (PPK) dibawah satuan pendidikan, yang antara lain melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir dan olah raga. Sekaligus, upacara bendera ini merupakan wahana bagi siswa dalam upaya mengembangkan dan menguatkan pendidikan karakter, terutama nilai disiplin, seperti dilaksanakan sesuai jadwal, tertib dan tepat waktu. "Penguatan pendididkan karakter yang bisa dikembangkan adalah disiplin taat akan aturan, gerakan, dan sikap yang kita laksanakan pada saat Upacara Bendera harus sesuai dengan tata urutan upacara bendera, "Ungkapnya.

Disamping Penguatan pendidikan karakter, upacara bendera di sekolah juga dapat memperkuat persatuan dan kesatuan antar peserta didik, membiasakan bersikap tertib dan disiplin, meningkatkan kemampuan memimpin, membiasakan kekompakan dan kerjasama, menumbuhkan rasa tanggung jawab, serta mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air. “ kita jdikan upacara bendera di sekolah ini sebagai penguatan pendidikan karakter siswa, sebagai alat untuk selalu menjaga keutuhan bangsa dan negara, menanamkan jiwa dan semangat nilai – nilai pancasila, serta meningkatkan kedisiplinan diri kita" Tutupnya disela-sela jadi Pembina Upacara. (Rdi)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

LEGISLATIVE KARAWANG

Back to Top