Selasa, Oktober 29, 2019

SMK IPTEK Cilamaya Jawara Panahan Pertamina TBBM Cikampek

 

PELITAKARAWANG.COM- Lagi, ukiran prestasi di sematkan kepada anggota Ekstrakurikuler panahan SMK IPTEK Cilamaya, akhir pekan lalu. Menyusul, empat siswanya berhasil menyabet empat gelar juara sekaligus dalam pertandingan Pertamina TBBM di Cikampek. Selain Putri Apriliani yang mewakili panahan perempuan di posisi juara 3, juga berturut - turut gelar juara 1, 2 dan 3 putera di borong SMK yang berlokasi di Desa Tegalsari Kecamatan Cilamaya Wetan. 

Atlet panahan SMK Iptek Cilamaya Putri Apriliani mengatakan, gelar juara ini bagi anggota eskul panahan yang berjumlah 39 orang ini, bukanlah hal baru. Mengingat, prestasi sebelumnya juga pernah di raih di berbagai even lain, baik tingkat SMK/SMA dan Aliyah, maupun di perguruan tinggi. Diakui Putri, memang bukan hal mudah berproses menjadi atlet panahan, apalagi ketika masuk eskul ini, latihan yang di hempas benar-benar dari nol. Artinya, latihan pemula tidak bisa langsung menggunakan busur, tapi dengan karet dan pipa "Paralon". Namun, karena kegigihan, akhirnya semua anggota panahan mampu beradaptasi dan serius dengan busur, anak panah dan media lainnya. "Kemarin juara kategori standar brow dengan jarak 20 meter, Alhamdulillah prestasinya bisa kita raih, " Katanya. 

Bukan perkara mudah memang, sambung Puteri, untuk menjadi atlet panahan yang jarang ada di SMK lainnya ini, selain Teknik, atlet juga harus selalu tenang, fokus, sabar dan ikhlas saat bertanding. Dalam artian, saat anak panah tak sesuai target harus ikhlas, agar bidikan berikutnya bisa fokus. "Selain butuh teknis, atlet panah itu harus ikhlas dan sabar tahan emosi saat bertanding, itu penting untuk menumbuhkan konsentrasi, "Katanya. 

Egi Giantara, Pelatih eskul panahan SMK Iptek Cilamaya mengatakan, teori teknik, tenang, sabar dan ikhlas itu diakuinya merupakan didikan dari pribadinya. Sebab, kalau atlet tidak tenang dan sabar saat bertanding, maka jatuhnya ke mental, sebab kalau dibiarkan selanjutnya jadi beban yang akhirnya mereka tidak fokus dan maksimal. Apalagi, panahan ini ia selalu ingatkan, saat pertandingan, rival main itu bukan musuh utama, tapi emosi dan pikiran diri sendiri yang harus terkontrol dengan baik, sebab panahan ini ada yang sekali nembak yaitu kualifikasi, atau eliminasi Aduan tiga anak panah. Hal itulah, yang menjadi perhatian sehingga menjadi kunci sukses para atlet panahan di SMK IPTEK ini selalu unggul. " Kita selalu hempas kompetensi mereka seminggu dua kali berlatih, karena sudah banyak prestasi, anggota Eskul ini semakin bertambah dan diminati,"Ujarnya. 

Kepala SMK Iptek Cilamaya, Engkos Kosim M.Si mengaku bangga, eskul panahan ini selalu jadi andalan prestasi siswa. Itu, tak lepas dari penekanan pihak sekolah, agar mereka selalu menjemput impiannya lewat bakat dan minat yang di milikinya. Sebab, usaha mereka sendiri yang akan menentukannya. Oleh karenanya, jadi siswa atau atlet, jangan manja ditengah keterbatasan, baik fasilitas misalnya ataupun anggaran, tapi berkomitmen lah untuk selalu jadi yang terbaik mewujudkan ekspresinya. Inysa Allah juga, sambung Engkos, SMK Iptek akan kembali menjadi tuan rumah lomba panahan tingkat Kabupaten Karawang pada 17 November nanti. Selain sebagai ajang prestasi, panahan juga di promosikan sebagai andalan eskul SMK Iptek Cilamaya yang jarang ditemukan di SMK lainnya. "Prestasi itu jadi cerminan, bahwa kita juga mampu. Maka saya selalu tekankan, ayo jemput impian kalian lewat wadah yang bisa mengeksplorasi minat dan kreativitas kalian, " Pungkasnya. (Rud)

Berikut Atlet Juara Panahan SMK IPTEK Cilamaya di Pertamina TBBM Cikampek;

* Juara 1 : Syahrul Gunawan (XII TP 1)
* Juara 2 : Satriana Ibrahim (XII TP1)
* Juara 3 : Dian Ulhak F (XI TKR 1)
* Juara 3 : Putri Apriliani (XII TKP 2)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top