Rabu, Oktober 30, 2019

SPP di Hapus Lagi, Dewan Usul Karawang Cerdas Buat Sekolah Swasta

 

PELITAKARAWANG.COM- Pemprov Jawa Barat berencana menghapus lagi kebijakan sekolah tingkat SMAN/SMKN atas pemberlakuan SPP dua tahun terakhir ini. Selain menyiapkan pemetaan penambahan anggaran, kebijakan SMA/SMK tanpa SPP itu siap di berlakukan mulai tahun ajaran 2020/2021 mendatang. Menyikapi itu, DPRD Karawang mulai ancang-ancang merelokasi anggaran Karawang Cerdas (Kacer) senilai Rp20,9 Milyar, di alihkan untuk SMA/SMK/MA swasta yang tidak tersentuh program gratis SPP. 

Anggota DPRD Karawang Fraksi PKS, dr Atta Subagja Dinata mengatakan, menyikapi kebijakan pemprop Jabar terkait program gratis SPP bagi siswa SMA SMK negeri se - Jabar, dan akan dilaksanakan terhitung Juli 2020 dalam rapat kerja membahas program 2020 Komisi IV DPRD Karawang dengan mitra kerja salah satunya Disdikpota, pihaknya mewakili Fraksi PKS DPRD Karawang mengusulkan, agar program beasiswa bagi SMA SMK yang direncanakan anggarannya sebesar Rp20,9 miliar di tahun 2020 melalui Karawang Cerdas dialokasikan khusus bagi siswa/i SMA-SMK swasta yang tidak tersentuh program gratis SPP pemprov Jabar. "Jadi kalau SPP di Hapus di negri, maka kebijakan Kacer di upayakan beralih saja ke sekolah swasta yang tidak tersentuh gratis SPP dari SMA/SMK Negeri, " Katanya.


Sebab, sambung Atta, kalau SMA/SMK Negri yang sudah bebas SPP kemudian mendapat juga beasiswa, sementara siswa SMA SMK swasta yang masih harus bayar SPP namun tak tersentuh pula oleh program beasiwa, tentu menambah tinggi kesenjangan perhatian pemerintah. Padahal, peran serta kontribusi SMA /SMK negeri dan swasta bagi peningkatan angka pendidikannya sama. Tidak semua siswa-siswi SMA SMK swasta orang tuanya mampu, karenanya paling tidak, sebutnya, mereka inilah yang menjadi prioritas sasaran program beasiswa pemkab ini. Untuk itu, ia memahami Pemprop Jabar tidak mampu menggratiskan SPP SMA SMK swasta se Jabar, karena jumlah siswa SMA SMK swasta se-jabar 5 kali lipat SMA SMK negeri. "Karawang siswa SMA SMK negeri yang jumlahnya sekitar 45 ribu sudah akan dibebaskan SPP nya, kiranya yang 19 ribu siswa SMA SMK swasta yang tidak bisa dijamah program gratis SPP Pemprop Jabar, bisa dibantu dengan Rp 20,9 M melalui program Karawang Cerdas, terutama mereka yang tidak mampu," Ujarnya.

Sejatinya lanjut Dewan asal Pasirtalaga ini, program beasiswa melalui program Karawang Cerdas adalah bagian dari upaya untuk meningkatkan angka partisipasi sekolah, selanjutnya, angka ini juga yang akan mendongkrak angka rata rata lama sekolah, bahkan menjadi tolok ukur keberhasilan pembangunan bidang pendidikan yang merupakan bagian utama angka Indek Pembangunan Manusia (IPM) "Semoga pemerintah Kabupaten Karawang lebih cerdas dalam memilih prioritas belanja APBD, karena program yang akurat serta sasaran yang tepat akan mempercepat keberhasilan pembangunan," Pungkasnya. (Rud)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top