Selasa, November 19, 2019

3.696 Anak SD Telagasari di Suntik Vaksin

 

PELITAKARAWANG.COM- Immunisasi dalam pengertian dan tujuannya adalah untuk membangun kekebalan tubuh seseorang terhadap penyakit, dengan membentuk antibody dalam kadar tertentu. Maka, agar antibodi tersebut dapat maksimal terbentuk, seseorang harus diberikan vaksin sesuai jadwal yang telah ditentukan, seperti dalam program Bulan immunisasi Anak Sekolah (BIAS) yang di lakukan Puskesmas Telagasari di November ini. Jadwal BIAS tahun 2019 dari tahun-tahun sebelumnya yaitu BIAS bulan Agustus memberikan immunisasi Campak kelas 1, sedangkan pada bulan November diberikan immunisasi DT pada kelas 1,TD pada kelas 2 dan kelas 5.


Kepala Puskesmas Telagasari H Asep Saepul Bahri S.Km mengatakan, Puskesmas Telagasari sudah membentuk Tim/petugas dan membuat jadwal pelaksanaan kegiatan yang dimulai pada 18 - 27 Nopember ini, dengan jumlah sekolah 36 SD dan 3 MI.
Tim /Petugas Puskesmas yang terdiri dari Dokter, Bidan, Perawat dan Nakes lainnya ini, langsung datang ke sekolah-sekolah sesuai dengan jadwal yang sudah disampaikan ke pihak sekolah. "Puskesmas menghimbau kepada pihak sekolah agar mempersiapkan sasaran siswa yang akan diimunisasi dan ikut mensosialisaikannya kepada orang tua, agar pada waktu pelaksanaannya nanti tidak ada orang tua yang protes sehubungan tidak ada pemberitahuan ke pihak orang tuanya, " Katanya.


Asep menambahkan, perlu diketahui bahwa immunisasi memang tidak memberikan perlindungan 100 persen pada anak. karena, anak yang telah diimunisasi masih mungkin terserang suatu penyakit, namun kemungkinannya jauh lebih kecil, yaitu hanya sekitar 5-15 persen, hal ini bukan berarti immunisasi tersebut gagal, tetapi karena memang perlindungan immunisasi sekitar 80-95 persen. Adapun penyakit yang dapat dicegah dengan immunisasi, antara lain Hepatitis B, Polio, BCG, DPT, Campak dan vaksin untuk jemaah haji. "Bila bayi / anak tidak diimunisasi maka risikonya lebih besar tertular penyakit – penyakit tersebut, " Ujarnya.

Pada Senin kemarin, pelaksanaan BIAS dilaksanakan di 6 SD/MI dan berjalan lancar. Semua sasaran sebut Asep, hadir dan tampak antusias menerima layanan imunisasi. Begitu pula para guru disekolah yang menyambut baik program BIAS ini dan ikut membantu mempersiapkan para siswa yg akan diimmunisasi disekolahnya, "Dan pelaksanaannya di lapangan Alhamdulillah, baik dan lancar, " Pungkasnya. (Rud)


Sasaran Sekolah BIAS Puskesmas Telagasari : 

Jumlah SD = 32
Jumlah SDIT = 3
Jumlah MI = 3

* Sasaran Murid 
Jumlah Kelas 1 = 1297 anak
Jumlah Kelas 2 = 1292 anak
Jumlah Kelas 5 = 1107 anak

* Vaksin dibutuhkan/disiapkan 
Jumkah DT = 187
Jumlah Td = 322

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top