Senin, November 25, 2019

Ada 10 Kreta Api Jarak Jauh "Mampir" di Stasiun Karawang

 


PELITAKARAWANG.COM - Sepuluh kereta api (KA) jarak jauh akan berhenti dan melayani naik-turun penumpang di Stasiun Karawang, Jawa Barat, menyusul diberlakukannya Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2019 mulai 1 Desember 2019.

"Dengan diberlakukannya Gapeka 2019, akan terjadi perubahan jadwal perjalanan KA, hadirnya KA baru, perubahan waktu tempuh serta bertambahnya layanan naik-turun penumpang di stasiun," kata Executive Vice President Daop 1 Jakarta, Dadan Rudiansyah dalam siaran pers yang diterima di Kabupaten Karawang, Jabar, Senin.

Ia mengatakan sebelumnya saat penerapan Gapeka 2017, Stasiun Karawang hanya melayani empat KA jarak jauh. Kini dengan Gapeka 2019 akan bertambah enam KA yang berhenti dan melayani naik-turun penumpang sehingga total pada Gapeka 2019 terdapat sepuluh KA yang akan berhenti di Stasiun Karawang.

Sepuluh kereta api yang berhenti di Stasiun Karawang di antaranya KA Serayu (relasi Pasar Senen-Kroya-Purwokerto), KA Jaka Tingkir (relasi Pasar Senen-Purwosari/Solo), KA Tawangjaya Premium (relasi Pasar Senen-Semarang Tawang), KA Singasari (relasi Pasar Senen-Blitar) dan KA Jayabaya (relasi Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi-Malang).

Selain itu, KA Serayu (relasi Purwokerto-Kroya-Pasar Senen), KA Jaka Tingkir (relasi Purwosari-Pasar Senen), KA Tawangjaya Premium (relasi Semarang Tawang-Pasar Senen), KA Singasari (relasi Blitar-Pasar Senen), serta KA Jayabaya (relasi Malang-Surabaya Pasar Turi-Pasar Senen).

Menurut Dadan, pemberlakuan Gapeka 2019 merupakan penggantian terhadap Gapeka 2017 yang sebelumnya digunakan oleh PT Kereta Api Indonesia.

"Tentunya dengan penambahan layanan KA di Stasiun Karawang, diharapkan dapat mengakomodir kebutuhan warga Karawang yang ingin menuju Jakarta (sebaliknya), maupun menuju antarkota di Pulau Jawa sehingga KA selalu menjadi transportasi yang dapat diandalkan,” katanya.

Ia mengimbau calon penumpang KA dengan keberangkatan 1 Desember 2019 dan seterusnya agar memperhatikan lagi jadwal yang tertera di tiket untuk keberangkatan dari Stasiun Karawang.

"Karena baru diberlakukan menggunakan Gapeka 2019, kami berharap calon penumpang tidak ketinggalan kereta," katanya.#AnT

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top