Senin, November 11, 2019

Ada Pertempuran di SMAN 1 Tempuran, Ini yang Terjadi !

 

PELITAKARAWANG.COM- Senin (11/11), komplek halaman SMAN 1 Tempuran ada pemandangan tak biasa. Menyusul, pertempuran antar siswa yang "biasa" terlambat datang ke sekolah, meletup hingga mengakibatkan pertumpahan darah. Di saksikan ratusan siswa dan para guru lainnya, ternyata 15 siswa tersebut, sedang serius memerankan drama peringatan hari pahlawan 10 November dengan mulus. Rasa nasionalisme, haru, dan kegentingan tragedi "are-are Suroboyo" itu, menyelimuti para siswa yang dengan khusyuk menyaksikan tindak tanduk sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia yang di mainkan siswa non eskul tersebut. 


Wakasek Kesiswaan SMAN 1 Tempuran
Endra Wahyudi mengatakan, 15 siswa ini berlatih selama seminggu. Walaupun hanya berdurasi kurang dari setengah jam, tapi tampilan drama pertempuran Surabaya yang diperankan siswa ini, cukup menyelimuti rasa nasionalisme para siswa paska hari pahlawan 10 November kemarin. Uniknya lagi, sebut Endra, pemeran tersebut, bukan berasa dari siswa dengan latar belakang ekstrakulikuler yang ada. Sebab, para pemeran ini, rata-rata adalah siswa yang sering terlambat datang ke sekolah dan sedikit nakal. Sehingga, saat ada titah memerankan drama hari pahlawan, kemudian di saksikan para guru dan temannya, seperti surprise dan membanggakan, dan berkesimpulan bahwa semua siswa memiliki talenta, bakat dan kreasi yang harus selalu di rangkul dan diwadahi oleh guru maupun wali kelasnya. "Mereka ini bukan anak eskul, tapi berperan secara totalitas, jelas bangga, " Katanya. 


Lebih jauh ia menambahkan, para siswa sedikit menambah wawasan soal sejarah perjuangan bung Tomo, kemudian di selingi dengan pembacaan puisi dan penghormatan kepada korban pertempuran yang gugur dengan lantunan nyanyi gugur bunga. Betapapun dengan media dan property seadanya, namun hal ini mampu menyulap perhatian para siswa lainnya, bahwa perjuangan melawan penjajah dan mempertahankan kemerdekaan itu berat. "Para siswa bisa menambah wawasan pengetahuan sejarah kenapa hari pahlawan ditetapkan pada tanggal 10 November, walaupun lewat drama ini, " Pungkasnya. (Rud)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top