PELITAKARAWANG.COM - Sebagai langkah preventif jelang musim penghujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang, pasang sistem peringatan dini atau Early Warning System (EWS) yang merupakan serangkaian sistem untuk memberitahukan akan timbulnya bencana banjir di Sungai Citarum.
Sekretaris BPBD Karawang, Supriatna, mengatakan, alat EWS yang dipasang tersebut langsung terkoneksi dengan alarm peringatan bencana di kantor BPBD. Sehingga penanganan siaga bencana bisa langsung dilakukan oleh petugas.
“Alat akan menunjukan warna siaga, jika berwarna kuning maka siaga 1, apabila berwarna biru siaga 2, dan berwarna merah berarti siaga 3. Semakin tinggi permukaan air, maka akan semakin nyaring bunyi alarm tersebut,” jelas Supriatna, Jumat (1/10/2019).
Pemasangan EWS dilakukan, lanjut Supriatna, karena adanya potensi banjir yang unik di Karawang, dan kebanyakan banjir di Karawang merupakan kiriman dari wilayah hulu yang berasal dari beberapa kabupaten perbatasan.
“Saat ini baru dipasang di sungai Citarum. Kemudian untuk tahun 2020 akan dipasang di pertemuan sungai Cibeet dan sungai Cipamingkis juga di antara pertemuan sungai Cilamaya dan sungai Ciherang,” pungkasnya.(red/isk)