Kamis, November 28, 2019

Belajar "Laut-Darat" Sambil Plesir di Tangkolak - Pasirputih

 

PELITAKARAWANG.COM- Berkunjung ke Pantai Tangkolak dan Pasirputih Kecamatan Cilamaya Kulon, bukan saja menyimpan soal destinasi wisata. Lahannya yang luas dan tempat penelitian serta kajian para siswa di dua lokasi ini, juga tak kalah menariknya. Seperti yang dilakukan puluhan siswa dan guru SMP Islam Attarbiyyah Ciwulan Kecamatan Telagasari, baru-baru ini. Mereka, terperangah menyusul, kedua lokasi ini, bukan saja indah, tetapi juga bersejarah. 


Rohyan Rohmatin, Spd, Guru IPS SMP Islam Attarbiyyah mengatakan, banyak yang mengira, wisata ke laut cukup dengan melihat pemandangan pesisir saja. Tapi, suasana berbeda akan dirasakan masyarakat pengunjung saat datang ke wisata Tangkolak Desa Sukakerta Kecamatan Cilamaya Wetan, dan pesisir Pasirputih Desa Sukajaya Kecamatan Cilamaya Kulon. 



Karena, pesisiran pantai yang di suguhi mangrove dengan aneka material improvisasi bambu dan kayu ke pusar laut, menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan, cocok bagi siswa untuk menggali informasi sejarah dari Barang Muatan Kapal Tenggelam (BMKT) peninggalan dinasti Ming dan VOC. "Banyak yang gak percaya, Cilamaya punya wisata elok baru-baru ini. Jadi, selain wisata, tentu outing class memahami sejarah lautan di dua lokasi ini cocok bagi para siswa, " Katanya. 


Tidak sampai disitu sambung Rohyan, laut Tangkolak dan Pasirputih yang menyimpan karang terbanyak se Pantura ini, juga bisa jadi buruan pecinta diving dan Snorkling, karena, hanya dengan 20 menit jarak tempuh dari pesisir, karang-karang sudah nampak indah dengan kekayaan biota lainnya. "Lautnya jernih, asyik berenang dan indah karangnya, "Pungkasnya. (Rud)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top