Kamis, November 14, 2019

Ki Serut Mau di Launching Jadi Kampung Santri Karawang

 

PELITAKARAWANG.COM- Ki Serut, merupakan nama sebuah Dusun di Desa Tegalurung Kecamatan Cilamaya Kulon. Penghuninya, bukan saja warga asli desa, tetapi ramai lalu lalang ratusan santri setiap harinya. Terang saja, kampung dari RT 01 sampai RT 04/01 tersebut, memiliki empat pesantren yang dikelola para Kiai dan Ulama tersohor di Kecamatan tersebut. Tak heran, Kementrian Agama (Kemenag) berencana melaunchingkan kampung Ki Serut tersebut, menjadi kampung santri pada Sabtu (23/11) mendatang.

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Cilamaya Kulon, Ahmad Jeje Farij Faoji mengatakan, setelah meresmikan pembukaan MTQ di Desa Sumurgede, Bupati Karawang bersama Kemenag, direncanakan akan melaunching kampung santri di Dusun Ki Serut Des Tegalurung. Di pilihnya kampung ini, bukan tanpa alasan, karena selain memiliki banyak pesantren dalam satu kampung, juga memiliki banyak santri yang menjadikan masyarakatnya semakin religius. Karawang, sebut Jeje, memang terus berkomitmen mewujudkan kampung santri di setiap Kecamatan, termasuk di Cilamaya Kulon ini tempatnya di Dusun Ki Serut. "Iya nanti akan di Launchingkan Bupati, insya Allah di Ki Serut ini, " Katanya. 


Sementara itu, Pegawai Desa Tegalurung, Rohmat Maulana mengatakan, dal satu dusun, Ki Serut ini memiliki 4 pesantren dengan jumlah santri sekitar 500 orang, baik dalam maupun luar Kabupaten Karawang. Ke empat pesantren itu, antara lain Pusaka Riyadul Jannah pimpinan Kiai Uhyi Muhyiddin, Pesantren Miftahul Ballag pimpinan KH Mujiburahman, Pesantren Hidayaturrohman pimpinan Kiai Nunu Ibnu Abbas dan Pesantren Miftahul Hikmah, pimpinan KH Cecep Syamsul Bayan. Memuluskan rencana launching, sambung Rahmat, akses jalan menuju Ki Serut sedang dibangun Gerbang Kampung Santri yang diharapkan bisa rampung dalam waktu sepekan kedepan. Saat ini, pembangunan fisik baru mengandalkan anggaran dari KUA dan pemerintah desa, hingga hasil ngencleng para santri ke warga,  jadi masih terbuka jika masih ada donatur yang hendak membantu pembangunan gerbang santri tersebut. "Dalam satu kampung ada 4 pesantren dengan jumlah santri sampai 500 orang. Sekarang sedang dibangun gerbangnya semoga saja cukup, " Katanya. 


Mewakili Kepala Desa, pihaknya menghaturkan terimakasih kepada pemerintah dalam hal ini Kemenag Karawang, yang sudah menunjuk salah satu kampung di Desanya ini sebagai kampung santri, sebab, dengan atau tanpa ada istilah kampung santri, wilayah ini memang identik dengan masyarakat santri. "Kami haturkan terimakasih saja kepada Pemkab yang sudah menunjuk salah satu kampung di desanya ini sebagai kampung santri, "Pungkasnya. (Rud)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top