Rabu, November 06, 2019

Mau di Cor, Aparat Gorol Pelebaran Jalan Bengkok Pulojaya

 

PELITAKARAWANG.COM- Masyarakat di Dusun Srijaya RT04/04 Desa Pulojaya Kecamatan Lemahabang, siap-siap menikmati jalan cor hasil pembangunan Dana Desa (DD) tahun 2019. Memastikam akses jalan cukup, aparat desa dibantu warga setempat, gorol di jalanan yang akrab di sebut "Lembur Bengkok" itu, untuk memperlebar badan jalan menjadi 2,2 meter.


Pegawai Desa Pulojaya, Kissin Sanjaya mengatakan, jalan bengkok di Dusun Srijaya RT 04/04 ini mau di cor dalam waktu dekat dengan anggaran Dana Desa (DD), akses ini pe Ting bagi jalan pertanian menuju Tempat Pemakaman Umum (TPU), karena saat musim hujan menjadi sulit di lalui. Karenanya, akses jalan yang sedikit terkikis akibat cangkulan sawah, di normalkan lagi oleh aparat secara berjamaah sebelum realisasi cor itu datang. "Jalan ini penting buat pertanian dan akses menuju TPU, makannya yang sedikit menyempit kit normalkan lagi dengan pelebaran, " Katanya. 


Kegiatan gorol yang langsung di komandoi Kades ini, sebutnya, dilakukan sepanjang 370 meter dengan lebar jalan 2,2 meter. Diharapkan, setelah pelebaran ini, pengecoran bisa segera realisasi dan mempermudah akses petani dan warga yang melintas. "Panjangnya 370 meter dan lebar 2,2 meter, " Katanya. 

Bendahara Desa Pulojaya, Ulis Atam mengatakan, pelebaran jalan ini dilakukan secara manual dengan melibatkan para pegawai desa dibantu masyarakat sekitar. Contoh guyub ini, biasa dilakukan untuk pembangunan desa, seperti basmi tikus atau kalagumarang, hingga gropyokan saluran air. Kebetulan, kali ini, di akses jalan yang harus di lebarkan untuk menopang material coran, dilakukan bersama-sama jelang realisasi dana desa untuk fisik ini. Tentu saja, ini bukan saja menandakan antusias aparat dan masyarakat dalam menyambut sarana fisik, tetapi juga menjaga dan siap merawat hasil pembangunannya kedepan. "Kita berjamaah lebarkan jalan, sebab yang ada sempit akibat terkikis air sawah dan cangkul petani, " Pungkasnya. (Rud)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top