Senin, November 25, 2019

Menengok Harga Sewa Penginapan MTQ di Sumurgede

 

PELITAKARAWANG.COM - Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Karawang ke XXXVIII di Desa Sumurgede Kecamatan Cilamaya Kulon, digelar selama 4 hari terakhir. Selain membawa berkah bagi pedagang yang menjajakan dagangannya di lokasi acara, masyarakat Pemilik rumah juga rela mengosongkan rumahnya untuk di sewakan pada beberapa kafilah. Terang saja, anggaran Rp25 juta yang mengguyur setiap Kecamatan, salah satu porsinya untuk biaya sewa penginapan. Menurut informasi yang berhasil di himpun, beberapa Kecamatan, konon mengalokasikan sewa penginapan sampai Rp2-3 jutaan, namun berapa harga atau duit yang diterima pemilik rumah yang disewakan ? 


"Kalau saya menyewakan rumah saya, bersih Rp1 juta saja, sudah lengkap dengan kamar, kalau mau sewa lagi untuk kafilah dan peserta perempuan, nambah lagi Rp1 juta. Duit segitu diterima untuk penginapan selama 4 hari, " Kata salah seorang Pemilik rumah  yang di sewakan di sekitaran Desa Sumurgede seraya meminta identitasnya di rahasiakan. 

Ketua BPD Sumurgede, Ade Cahya mengaku tidak tahu persis harga sewa rumah warga bagi peserta Kafilah. Tapi, menurut informasi, memang hanya Rp1 juta untuk empat hari, itu tipenya rumah sederhana tapi lengkap dan luas. Hanya saja, pihaknya juga tidak tahu, berapa besaran yang di porsikan di setiap Kecamatan buat sewa rumah, karena yang jelas, duit yang sampai itu Rp1 jutaan untuk empat hari. "Kalau anggaran setiap kecamatan gak hafal, tapi kalau sewa rumah, ada kerabat saya juga nerimanya Rp1 juta, " Ujarnya. 

Sementara itu, Kepala KUA Kecamatan Tempuran, Anang Suryana mengaku, harga sewa rumah untuk penginapan Rp1 juta yang teknisnya, ada yang memang langsung ke pemilik rumah dan koordinator lainnya. Untuk Tempuran sendiri, pihaknya menyerahkan anggaran sewa rumah dan konsumsi serta akomodasi peserta MTQ itu, pada official yang kebetulan ustad yang juga warga di Sumurgede. "Kalau Tempuran langsung Rp1 juta saja untuk 4 hari, selebihnya untuk konsumsi dan akomodasi lainnya di serahkan ke official, " Ujarnya.

Kades Sumurgede, Asan Permana selaku tuan rumah, mengaku tidak tahu saat dikonfirmasi soal besaran biaya sewa rumah warganya untuk pagelaran MTQ. "Gak tahu pak, itu Sekretaris Camat (Sekcam) yang ngurus pak, " Katanya. 

Saat dikonfirmasi langsung pada Sekcam Cilamaya Kulon, Enjang Lesmana justru balik mengklaim tidak tahu menahu soal harga. Bahkan, Sekcam asal Ciwaringin ini justru menyebut, bahwa yang menggarap soal harga dan sewa rumah MTQ adalah pemerintah desa dan panitia lokal, "Gak tahu, gak pegang. Waduh bahaya kalau saya yang urus begituan, nanti di sangkanya Calo, "Ujarnya. (Rud)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top