Selasa, November 19, 2019

PDIP Minta Kadernya di DPRD Tak Asal Buat Kebijakan

 

PELITAKARAWANG.COM-.Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) meminta kadernya di DPRD tidak asal dalam membuat kebijakan. Partai besutan Megawati Soekarnoputri itu berpendapat kebijakan yang sembarangan dapat menghambat masuknya investasi di daerah.

"Jadi justru bagaimana kita harus membuat pelayanan pemerintahan daerah yang efisien dan mendorong pertumbuhan ekonomi rakyat dan jangan bikin perda-perda yang menghambat nilai tambah ekonomi," kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa (19/11).

Mantan sekretaris tim pemenangan nasional Presiden Joko Widodo ini mengaku mendapat banyak laporan dari daerah soal keluhan pelaku ekonomi yang diperas saat hendak berinvestasi oleh para anggota dewan. Dia menegaskan, hal tersebut tidak sesuai dengan semangat pembenahan birokrasi dan hukum yang digaungkan Presiden Jokowi.

Hal serupa, Hasto mengungkapkan, sempat menjadi bahasan pemerintah dalam Forum Komunikasi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah yang dilaksanakan beberapa hari lalu. Dia menegaskan PDIP mendukung penuh agar kebijakan pemerintahan Presiden Jokowi didukung sepenuhnya oleh legislator partai di tingkat provinsi serta kabupaten/kota.

"PDI Perjuangan tak boleh punya kader dan anggota dewan seperti itu. Sebaliknya kita harus membangun hubungan positif yang membantu gerakan ekonomi rakyat," kata Hasto lagi.

Pada saat yang bersamaan, dia juga meminta agar kader partai di daerah untuk menjauhi korupsi. Hasto mengatakan para anggota dewan yang terhormat untuk tidak menyalahgunaan wewenang bagi kepentingan diri sendiri.

Hasto mengatakan DPP PDIP selalu mengirimkan surat edaran kepada kader untuk tidak pernah menyalahgunakan kewenangan untuk memperkaya diri sendiri. Menurutnya, negara sebenarnya sudah memberikan pendapatan bersih yang sah alias upah yang sudah sangat cukup untuk para anggota dewan.

"Negara sudah memberikan yang memadai untuk hidup sebagai wakil rakyat. Maka pesan Ibu Ketua Umum, mereka yang korupsi takkan mendapat tempat dan akan dipecat seketika," tegasnya.

Dia mengingatkan bahwa para anggota dewan dari partai itu harus menghadirkan wajah partai yang sebenarnya dengan hidup sederhana. Dia juga menyampaikan setiap kader partai yang duduk di legislatif untuk memperkuat gerakan ekonomi kerakyatan.

Hasto juga meminta para anggota dewan agar mengembangkan kemampuan komunikasi politik yang baik demi akuntabilitas politik yang baik. Dengan begitu, dia mengatakan, masyarakat bisa memahami dengan baik seluruh kebijakan politik partai.(rol)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top