Kamis, November 07, 2019

Ramah Anak, Siswa Belajar Sehari di Luar Kelas Serentak

 

PELITAKARAWANG.COM- Hari Anak Internasional (HAI) di peringati pada 20 November nanti, namun ada kebijakan tersendiri di setiap sekolah pada Kamis (7/10) ini, yaitu belajar sehari di luar kelas. Hal ini, berdasarkan tindaklanjut dari Surat Sekretariat Daerah Nomor 463/7107/DPPPA/2019 yang di teruskan melalui surat Disdikpora Nomor 420/2972-Disdikpora yang mengajukan semua SD dan SMP sederajat, memanjakan anak-anak pelajar dengan melaksanakan
belajar sehari di luar kelas. Selain menganjurkan Senyum, Salam dan Sapa (3S), kegiatan belajar sampai pukul 10.00 Wib itu juga di arahkan untuk ramah anak dengan ragam kegiatan doa, kebersihan, permainan tradisional, senam Gernas hingga bernyanyi lagu wajib nasional. 

Guru SMPN 2 Lemahabang, Ujen S.pd mengatakan, atas surat edaran Disdikpora itu, pihak sekolah merealisasikan kegiatan belajar sehari diluar kelas yang di maksud. Selain di isi doa berjamaah, juga rangkaian kegiatan ramah anak di lakukan di sekolah. "Iya pak, kita laksanakan belajar di luar kelas sehari ini, " Katanya. 


Senada dilakukan di lingkungan MtsN Karawang di Cilamaya. Hj Halimah, kepala MtsN mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan program anak belajar di luar kelas sejak Senin kemarin. Jadi, anak-anak diarahkan belajar di luar ruangan secara terbuka, berolahraga dan rehat dengan makanan atau konsumsi juga yang dibawa dari rumah masing -masinh. "Program ini sangat baik, efektif memberikan keleluasaan kepada anak dalam belajar, " Ujarnya. 

Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Lemahabang Ojat Darojat mengatakan, edaran itu sudah di sebar kepada semua SD di Lemahabang, soal merealisasikannya atau tidak, ia tidak detail melihatnya. Yang pasti, khusus sekolahnya di SDN Pulojaya 1, kegiatan belajar di luar kelas ini dilakukan berjamaah, dimana siswa dan guru belajar di pelataran sekolah dengan penuh ekspresi. Ada yang olahraga, senam, hingga mengaplikasikan kebersihan diri dan hidup sehat. "Tujuannya kan ramah anak, jadi kita lihat anak-anak bereksplorasi belajar di luar ruangan kelas, " Pungkasnya. (Rud)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top