Sabtu, November 02, 2019

Tanam 300 Bibit Pohon, Desa Tegalurung Reboisasi Lingkungan

 

PELITAKARAWANG.COM - Subur Desaku makmur Rakyatku, hal itu menjadi slogan Kepala Desa Tegalurung Karsim. Merealisasikan hal ini, para aparatur bersama ulu-ulu dan waker, kompak bebersih lingkungan Minggu pagi (2/11). Bahkan, menjaga kelestarian lingkungan, 300 bibit pohon hasil bantuan GP Anshor Kecamatan Cilamaya Kulon, di tanam berjamaah di waktu yang sama.

Karsim mengatakan, tidak ada desa yang inginkan lingkungannya kumuh, kotor dan cuek terhadap kelestarian lingkungan. Karenanya, selain harus di gerakan bersih-bersih rutin dari aparat, baik selokan, irigasi hingga sarana lain, reboisasi juga tak kalah pentingnya. Untuk itu Ia mengucapkan banyak terima kasiih kepada GP Anshor yang sudah peduli lingkungan dengan bantuan distribusi bibit tanaman. Tidak pikir panjang, pohon-pohon ini langsung ditanam berjamaah di pinggiran jalan dan lingkungan tandus. "Semoga tanaman ini bermanfaat bagi masyarakat desa kami, mari kita jaga bersama mudah-mudahan dengan penanaman bibit bibit pohon ini desa Tegalurung kecamatan mampu meningkatkan kulalitas udara, serapan air ataupun struktur tanah desa kami menjadi lebih baik, " Katanya.

Karsim menambahkan, dengan tanaman selain memperluas serapan biopori perakaran dari tanaman di tanah, juga ikut serta dalam menjaga keseimbangan alam secara luasnya, apalagi tahun ini ia prihatin dengan panjangnya musim kemarau yang panasnya begitu ekstrim, siklus cuaca pun sudah tidak teratur. Karnanya, sambung Karsim, dengan reboisasi ini sedikit banyak manfaat secara klimatologis, hidrologis, protektif ataupun yang lainnya, bisa stabil. "Agar stabil, maka tanaman ini penting di musim kemarau yang ekstrim ini, " Katanya. 

Pihaknya, sambung Karsim, dalam menjaga lingkungan selalu berjamaah membersihkan sampah sampah  di lingkungan, utamanya yang ikut terbawa arus irigasi, karena saat ini, volume air sudah cukup tinggi dan banyak sampah nyangkut dijembatan - jembatan pertanian, karenanya, demi lancarnya pengairan sawah sawah, pihak desa dibantu aparat dan waker, gelar pemembersihan sampah - sampah tersebut agar pengairan seluruh pesawahan desa kami tercukupi dan lancar tanpa kendala. "Semoga kekompakan ini, mampu menjaga keseimbangan alam dan hasil pertanian di Tegalurung, " Harapnya. (Rud)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top