Senin, November 11, 2019

Tanam Mangrove Lewat Swadaya Warga Tangkolak, Ini Hasilnya !

 



pelitakarawang.com - Tanam mangrove bukan perkara mudah. Jika tidak di tangani ahlinya, jenis tanaman penahan rob dan abrasi pesisir pantai tersebut, bisa hilang sewaktu-waktu. Namun, demi pelestarian alam dan menyelamatkan pesisir dari ancaman rob dan abrasi meluas, warga Tangkolak Desa Sukakerta Kecamatan Cilamaya Wetan, secara swadaya menanam mangrove dua tahun terakhir. Betapapun bantuan mangrove dan simbolis penanaman dari Pemerintah, swasta dan komunikas semakin banyak dewasa ini, namun, tak menyurutkan aktivitas tanam warga di pesisir pantai Tangkolak tersebut memelihara dan menanam mangrove jenis bakau secara continue. 

Penyelia tanaman mangrove di Tangkolak Desa Sukakerta, Nurifan mengatakan, lahan pesisir sebelah barat Tangkolak seluas 4 hektar sudah di tanami 7 ribuan batang mangrove jenis bakau. Itu asli hasil tanamnya dan kawan-kawan warga pesisir, betapapun bibitnya harus nyari dengan tenaga dan biaya sendiri. Perjuangan menanam mangrove, ternyata bukan perkara mudah, sebab selain harus di hempas larangan tanam karena maraknya oknum yang mengklaim kepemilikan lahan sepadan pantai, juga perawatannya terdampak imbas, dimana saat tanam, justru oknum-oknum ini yang sering mencerabut mangrove yang sudah ditanamnya. Tapi, sebutnya, lambat laun, semakin faham bahwa pelestarian dan penyelamatan pesisir, jauh lebih baik ketimbang memperebutkan tanah timbul di sepadan pantai. "Kita tanam sendiri, rawat dan nyari bibit dengan tenaga sendiri, percaya diri saja dan sekarang di sebelah barat terlihat hasilnya, " Katanya. 

Nurifan menambahkan, hutan mangrove yang lebat saat ini, berbuah hasil. Tidak ada yang sembarang mengklaim bahwa tanaman yang di rawatnya itu adalah hasil buah karya pemerintah, perusahaan maupun swasta lainnya. Intinya satu, alam harus lestari dan masyarakat pesisir jangan lagi ada yang kena air rob dan abrasi. "Kita sama-sama satu tujuan, yaitu melestarikan alam dan menyelamatkan alam dari ancaman rob, itu saja. " Pungkasnya. (Rud)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top