Minggu, Desember 22, 2019

Berikut Jadwal Pendaftaran UTBK SBMPTN 2020

 


PELITAKARAWANG.COM - Jadwal pendaftaran UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) sebagai syarat untuk mengikuti SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2020 dibuka mulai 30 Maret mendatang.

Jadwal pendaftaran UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) sebagai syarat untuk mengikuti SBMPTN(Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2020 dibuka mulai 30 Maret mendatang.


"Pelaksanaan UTBK tahun depan juga hanya satu minggu yaitu 20-26 April dan diumumkan hasilnya 12 Mei," jelas Amin.

Materi tes dari UTBK terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Potensi Akademik (TKA). Kelompok ujian dari UTBK terdiri atas tiga jenis yaitu Saintek (IPA), Soshum (IPS), dan campuran (IPC).

Adapun peserta yang boleh mengikuti UTBK yaitu siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 pada tahun 2020 atau peserta didik Paket C tahun 2020. Kemudian lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2018 atau 2019 atau lulusan paket C.

Penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dilaksanakan melalui tiga jalur. Selain SBMPTN yang paling banyak kuotanya yaitu minimal 40%, ada juga jalur prestasi akademik yang disebut Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) minimal 20% dari total daya tampung serta terakhir jalur mandiri maksimal 30%.

Berdasarkan kuota tersebut, maka jalur SBMPTN memang paling diminati dengan pendaftar yang sangat banyak dari dua jalur lainnya.

Namun, Amin mengingatkan pentingnya siswa memahami mekanisme SBMPTN yang diawali dari UTBK. Jadi, skor yang diperoleh dari hasil UTBK akan dibawa untuk mendaftar SBMPTN.

"Dengan skor yang diperoleh, maka calon mahasiswa ini bisa mengira-ngira peluangnya bisa masuk di sebuah program studi yang diminati," tandas Amin.#ANT

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top