Senin, Desember 30, 2019

Cegah Zonk, Penyuluh : Dahulukan Pengolahan Sebelum Pembibitan

 

PELITAKARAWANG.COM - Kerdil rumput atau zonk di areal pesawahan, masih sulit dikendalikan lantaran tidak ada obatnya. Mencegah itu, para petani di wanti-wanti agar mendahulukan pengolahan tanah dibanding pembibitan gabah. 

"Sekarang ini banyak Kerdil rumput atau zonk, jadi solusinya jangan membuat pembibitan dahulu tapi pengolahan lebih di utamakan, agar tanah di singkal dan di pastikan subur, " Kata Koordinator Penyuluh Pertanian Kecanatan Lemahabang, Irfan di sela-sela sambutan Hajat Bumi di Desa Pulojaya, Senin (30/12). 


Sampai saat ini sambung Irfan, obat 
kerdil rumput tidak ada, kecuali hanya pengendalian sanitasi dan membunuh vektor dewasa. Tapi, mencegahnya lebih baik dengan cara mengolah tanah atau mentraktor lahan lebih dulu. Baru, setelah di singkal, menyiapkan Pembibitan, bahkan lebih bagus diberi pemupukan organik, tanahnya juga diberi NPK dan Urea. Setelah semuanya siap, tinggal petani menyiapkan tanam dengan catatan, usia pembibitannya harus pas, yaitu antara 17 - 20 hari, agar anakannya lebih banyak dan bagus ketimbang usia bibit yang lebih tua dari 20 hari. "Tanah harus di olah dulu, jangan lupa di NPK dan Urea, baru persiapkan pembibitan dengan usia sekitar 17 - 20 hari. Selebihnya, tinggal tanam, " Pungkasnya. (Rud)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top