PELITAKARAWANG.COM - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyampaikan telah terjadi gangguan operasional di Stasiun Karawang sehingga mengakibatkan antrean dan keterlambatan perjalanan kereta api yang melintas di jalur tersebut.

"Selamat malam. Mohon maaf atas keterlambatan yang terjadi. Gangguan persinyalan di St. Karawang disebabkan perangkat persinyalan tersambar petir. Perjalanan KA dilayani secara manual dengan sangat hati-hati guna menjamin keselamatan KA," tulis akun Twitter resmi KAI @KAI121.

Antrean penumpang juga terjadi di Stasiun Besar Gambir, Jakarta Pusat, pada Jumat (27/12) malam. Berdasarkan pantauan Antara, para penumpang di Stasiun Gambir menunggu hampir di seluruh lantai. Mereka memenuhi stasiun, mulai dari lantai dasar stasiun, tangga menuju lantai satu hingga peron di lantai dua.

Penumpang membludak menunggu keberangkatan kereta. Banyak di antara mereka yang duduk-duduk di lantai karena tidak kebagian kursi.

Okto, salah satu penumpang tujuan Bandung, harus menunggu lebih dari dua setengah jam untuk menumpang kereta Argo Parahyangan dengan jadwal keberangkatan kereta pukul 22.05 WIB. Kereta yang dia naiki baru datang sekitar pukul 23.30 dan berangkat pukul 23.41 WIB.

"Lelah saya, saya tadi sempat berpikir untuk membatalkan kereta saya," kata Okto di Stasiun Gambir dikutip Antara.
Pengeras suara di Stasiun Gambir berulang kali mengumumkan info terkini perjalanan kereta dan posisi kereta dengan diiringi permintaan maaf atas keterlambatan yang menyebabkan penumpukan penumpang tersebut.

"Kami atas nama PT KAI Daop 1 mengucapkan permohonan maaf atas keterlambatan perjalanan kereta Anda," kata petugas melalui pengeras suara di Stasiun Gambir.

Sementara di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, kedatangan KA juga mengalami keterlambatan akibat gangguan operasional yang terjadi di Stasiun Karawang.

"Kalau untuk keberangkatan tidak ada gangguan. Semuanya tepat waktu. Kedatangan yang berdampak," kata salah satu petugas keamanan Stasiun Pasar Senen saat ditemui pada Sabtu (28/12) dini hari.

Menurut jadwal kedatangan di Stasiun Pasar Senen, kereta api yang disebutkan mengalami keterlambatan adalah KA Gumarang dari Stasiun Surabaya Pasar Turi dan KA Majapahit dari Stasiun Malang, Jawa Timur.

Pada pukul 01.27 WIB, Kereta Api Brantas dari Blitar tiba di Stasiun Pasar Senen, dari jadwal seharusnya tiba pukul 01.00 WIB. Dalam pengumuman melalui pengeras suara, petugas stasiun menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan kedatangan kereta api.

Meski demikian tidak terlihat ada antrean penumpang di Stasiun Pasar Senen akibat gangguan operasional di Stasiun Karawang.(antara/rdi)