Selasa, Desember 31, 2019

Jangan Ragu, Dengan Membeli Oleh-oleh Khas Daerah, Ini Keuntungannya!

 


PELITAKARAWANG.COM - Mudik atau pergi jalan-jalan ke suatu daerah, biasanya identik dengan oleh-oleh khasnya. Bahkan, ungkapan ini menjadi pesan kepada setiap orang yang hendak bepergian dan jalan-jalan. Saat ini, produk khas suatu daerah sudah dibuat oleh perorangan maupun Usaha Kecil Menegah (UKM), karena ternyata dengan kita belanja membeli oleh-oleh ada beragam keuntungan dan manfaat yang berdampak besar. Selain membantu menggerakkan perekonomian daerah, juga ikut serta melestarikan produk-produk khas daerah.

Dengan membeli oleh-oleh daerah, berarti sudah berkontribusi bagi penguatan ekonomi warga di tempat yang kita kunjungi. Beberapa yang mendapatkan manfaat saat kita membeli oleh-oleh diantaranya adalah para pengrajin yang membuat produk oleh-oleh, karyawan yang bekerja di tempat produksi maupun toko oleh-oleh, penyedia bahan baku, penyedia kemasan, pemilik toko, konsumen yang membeli oleh-oleh, penerima oleh-oleh termasuk Pemerintah Daerah. 

Keuntungan lainnya saat kita membeli oleh-oleh adalah melestarikan produk-produk khas daerah. Mungkin saat ini ada beberapa produk khas daerah yang sudah jarang kita temui, karena jarang pembelinya sehingga tidak lagi produksi. Nah dengan kita membeli produk-produk khas daerah tersebut dan kita jadikan sebagai buah tangan atau bingkisan akan mampu memperkenalkan produk tersebut secara luas. Jadi, jangan ragu menyisihkan sebagian alokasi dana traveling atau mudik kita untuk membeli oleh-oleh, karena dengan memberikan oleh-oleh berarti kita memberi kebahagiaan bagi yang menerima oleh-oleh tersebut. 

Memberikan oleh-oleh ini bisa kepada keluarga, kerabat, rekan kerja, atasan atau bos maupun bawahan kita, kolega atau klien bisnis dan lain-lain. Semakin banyak orang yang diberi oleh-oleh semakin banyak kita memberikan kebahagiaan. Membeli oleh-oleh berarti kita mengurangi pengangguran, karena pusat-pusat produksi oleh-oleh akan menyerap banyak karyawan ini berarti mengurangi angka pengangguran. Daerah yang memiliki produk unggulan umumnya angka pengangguran rendah. (Rud/Red)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top